Breaking News:

Berita Politik

Mualem Ungkap Penyebab Turunnya Suara Partai Aceh di Pemilu, Efek Lemahnya Manajemen dan Sikap Kader

"Umur 14 tahun dalam proses perjalanan manusia adalah sebuah fase yang cukup menarik,” jelas mantan Panglima GAM tersebut.

Penulis: Subur Dani | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Ketua DPA PA, Muzakir Manaf atau Mualem menyampaikan sambutan dalam acara Milad Ke-14 Partai Aceh di Banda Aceh, Rabu (7/7/2021). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), Muzakir Manaf atau Mualem menghadiri acara Milad ke-14 Partai Aceh yang berlangsung di kantor partai tersebut, kawasan Batoh, Banda Aceh, Rabu (7/7/2021).

Dalam sambutannya, Mualem menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, bahwa PA yang didirikan sejak 7 Juli 2007, kini telah berusia 14 tahun.

Mualem mengibaratkan, usia 14 tahun jika diumpamakan sebagai anak laki-laki, sudah mengalami fase dewasa.

"Umur 14 tahun dalam proses perjalanan manusia adalah sebuah fase yang cukup menarik,” jelas mantan Panglima GAM tersebut.

“Anak laki-laki dalam umur ini biasanya sudah memasuki fase akil baligh dan dalam ilmu medis dikenal dengan fase pubertas atau puber," katanya.

Fase ini, lanjut Mualem,  adalah fase di mana seorang manusia sudah matang secara fisik dan terjadi perubahan dari tubuh seorang anak menjadi tubuh orang dewasa.

Baca juga: Milad Ke-14 Partai Aceh, Mualem: Meunyoe Kureung Semangat, Meuramah Tanyoe

Baca juga: Rapat Partai Aceh Panas, Muncul Desakan Pergantian Ketua dan Anggota DPRA

Baca juga: Dua Politisi Partai Aceh Direkomendasikan jadi Balon Bupati Aceh Utara Tahun 2024

Secara tingkah laku dan psikologis, urai Ketua DPA Partai Aceh, juga mengalami perubahan.

Biasanya seseorang yang memasuki tahap puber, ucap Mualem, akan lebih berani bersikap dan sangat tertarik pada tantangan-tantangan baru.

"Partai Aceh dalam umur 14 tahun ini juga akan mengalami hal yang sama. Perjalanan 14 tahun ke belakang lebih didominasi dengan proses pembelajaran,” terangnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved