Breaking News:

Capaian Empat Tahun Kepemimpinan Aminullah-Zainal Membenahi PDAM Tirta Daroy

Penyelesaian permasalahan layanan air bersih kepada warga Kota Banda Aceh menjadi salah satu komitmen prioritas selama empat tahun kepemimpinan

Editor: bakri
DOK HUMAS
PEMKO Wali Kota Banda Aceh, bersama wakil wakil wali kota, pimpinan DPRK, sekda dan jajaran pada acara peresmian reservoir Taman Sari beberapa waktu yang lalu. 

BABDA ACEH – Penyelesaian permasalahan layanan air bersih kepada warga Kota Banda Aceh menjadi salah satu komitmen prioritas selama empat tahun kepemimpinan Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM bersama Wakil Wali Kota, Drs H Zainal Arifi n.

Sepanjang perjalanan sejak resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh pada 7 Juli 2017 hingga hari ini 7 Juli 2021, tepat di empat tahun kepemimpinan Aminullah-Zainal, komitmen dan kerja keras dalam penyelesaian permasalahan layanan air bersih kepada masyarakat bukan isapan jempol belaka, dan tak tanggung-tanggung, puluhan miliar dana telah dikucurkan untuk PDAM Tirta Daroy guna membenahi persoalan klasik Ibu Kota Provinsi Aceh.

Alhamdulillah, hari ini di empat tahun kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Kota Banda Aceh mendapat kado terindah dengan semakin baik dan gemilang nya pelayanan PDAM Tirta Daroy kepada masyarakat. Hal tersebut dijelaskan Dirut PDAM Tirta Daroy H T Novizal Aiyub SE Ak, Rabu. (7/7/2021) Di antaranya hari ini PDAM sudah berhasil memberikan cakupan pelayanan sebesar 93,19 persen dengan jumlah sambungan pelanggan 51.480 pelanggan, quick respon untuk setiap pengaduan pelanggan. Lalu, predikat nomor dua PDAM pelayanan terbaik kategori kota berpenduduk 500.000 kebawah, hasil penilaian BPPSPAM. Ujar sosok yang akrab disapa Ampon Aiyub ini.

Ia menjelaskan, saat ini PDAM Tirta Daroy juga sudah dapat memberikan kontribusi PAD kepada Pemerintah Kota Banda Aceh, membukukan laba selama empat tahun berturut-turut pada tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020 serta mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian( WTP) dengan PDAM Kategori Sehat dan salah satu PDAM dari tiga PDAM sehat di 23 kabupaten/kota se-Aceh. Lanjutnya, uprating WTP Lubok Batee (Penambahan kapasitas produksi dari ±500 lps menjadi ±800 lps), pembangunan reservoir taman sari dengan kapasitas 3.000 M³, pembangunan reservoir pasar Al Mahirah Lamdingin dengan kapasitas 800 M³ dan 200 M³.

Pergantian pipa pango dengan ø350 sepanjang ± 25Km, kualitas air lebih bersih, produksi dan distribusi 24 Jam “Walaupun ada beberapa pelanggan wilayah ujung pelayanan belum mendapatkan air 24 Jam,” jelas Ampon Yub.

Lalu, lanjutnya memberikan sambungan gratis bagi masyarakat yang berpenghasilan ekonomi lemah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Memberikan pemotongan pembayaran rekening sebesar 50 persen bagi golongan Rumah Tangga 1 (RT1) kategori masyarakat ekonomi lemah selama tiga bulan (April, Mei dan Juni) sesuai instruksi Wali Kota Banda Aceh dan menggratiskan pemakaian air untuk rumah ibadah dan dayah (Sosial umum 4) selama tiga bulan kecuali yang pemakaian airnya dibayar oleh APBA atau APBD. Terangnya Ampon Aiyub.

“Dan itu semua hanya terjadi serta berhasil dimasa Pemerintahan Pak Amin-Zainal. Kami dari jajaran PDAM Tirta Daroy tentunya memberikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas atensi, perhatian dan kerja keras Pak Amin-Zainal untuk PDAM Tirta Daroy selama ini,” uatanya. Ampon Yub juga mengakui, meski demikian masih ada keluhan masyarakat terkait pelayanan PDAM Tirta Daroy.

Hanya saja jumlahnya sudah sangat berkurang. Namun, tentunya keluhan-keluhan tersebut akan langsung segera ditindaklanjuti. Dan PDAM Tirta Daroy juga meminta dukungan dan partisipasi masyarakat misalnya ada kerusakan untuk segera melaporkan ke pihaknya supaya cepat ditangani. (hba/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved