Breaking News:

Pilkada Aceh

Diadukan ke DKPP Karena Hentikan Tahapan Pilkada, Ketua KIP Aceh: Ini Perintah Undang-Undang

Salah satu balon bupati Aceh Singkil melaporkan Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Komisioner KIP Aceh ke DKPP, terkait penundaan tahapan Pilkada.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Serambi Indonesia
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akhirnya menunda penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh tahun 2022. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri bersama anggota KIP usai menggelar rapat pleno di Kantor KIP setempat, Jumat (2/4/2021) malam. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh salah satu bakal calon (balon) bupati Aceh Singkil, Nasran AB.

Laporan yang disampaikan Kamis (8/7/2021) terkait dengan penetapan jadwal dan tahapan Pilkada Aceh tahun 2022 dan penundaan jadwal dan tahapan Pilkada yang telah dilakukan oleh KIP Aceh pada awal April 2021.

Terkait aduan itu, Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri yang dikonfirmasi Serambinews.com, Jumat (9/7/2021) mengatakan tidak mempersoalkan aduan tersebut.

"Ini adalah hak bagi setiap warga Masyarakat silakan saja menggunakan haknya, kami juga sudah menjanlan tugas sebagai mana perintah undang-undang," katanya.

Pihaknya sebagai penyelenggara, sambung Syamsul, tidak boleh menafsirkan undang-undang tapi hanya menjalankannya saja.

"Kalau DKPP nantinya bersidang, kami akan mempertanggung jawabkan apa yang telah kami putuskan," ujarnya.

Baca juga: Bolehkah Berkurban Secara Online? Simak Hukum dan Penjelasannya Menurut Buya Yahya

Baca juga: VIRAL Video Pilu Wanita Akad Nikah di Depan Jenazah Ibu: Semuanya Seperti Mimpi

Komisioner KIP Aceh, Agusni AH juga menambahkan, pihaknya akan tetap mengikuti proses hukum sesuai mekanisme yang ada.

"Insya Allah, KIP Aceh akan mengikuti segala proses hukum dan sesuai mekanisme yang ada. Begitupun kami sangat menghormati dan menghargainya," demikian Agusni AH.

Sebelumnya diberitakan, salah satu balon bupati Aceh Singkil Nasran AB mengaku sudah melaporkan Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Komisioner KIP Aceh ke DKPP pada Kamis (8/7/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved