Breaking News:

Inggris Lolos ke Final Euro, Harapan Baru Setelah 55 Tahun Menanti

INGGRIS berhasil lolos ke babak final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Denmark, 2-1, dalam pertandingan semifinal di Stadion Wembley, London

Editor: bakri
Inggris Lolos ke Final Euro, Harapan Baru Setelah 55 Tahun Menanti
FOR SERAMBINEWS.COM

INGGRIS berhasil lolos ke babak final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Denmark, 2-1, dalam pertandingan semifinal di Stadion Wembley, London, pada Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Selangkah lagi, The Three Lions akan meraih gelar juara Piala Eropa edisi Ke-16. Pelatih Inggris, Gareth Southgate, berhasil memberikan harapan baru bagi bangsa Inggris yang sudah 55 tahun menanti untuk bisa menyaksikan timnas mereka tampil di final turnamen besar. 

Terakhir kali Inggris berhasil menembus babak final turnamen besar adalah saat Piala Dunia 1966. Itu menjadi pertandingan bersejarah yang terus dikenang dengan keberhasilan mereka menjadi juara setelah di final menaklukkan Jerman. Southgate berjanji untuk kembali menciptakan sejarah. Dia ingin membawa Inggris menjadi juara Euro 2020--prestasi yang akan dikenang oleh seluruh bangsa Inggris.

Harry Kane mencetak gol pada masa ekstra time setelah Inggris mendapat hadiah penalti kontroversial. Di partai puncak yang akan berlangsung pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB, mereka akan menghadapi Azzurri Italia yang melenggang ke final usai menumbangkan Spanyol, 4-2 (1-1) melalui adu tendangan penalti..

"Saya sangat bangga dengan para pemain. Kami sudah mengatakan kami ingin membuat kenangan bagi bangsa," katanya. “Final harus dimenangkan, kami harus berkumpul kembali, mempersiapkan diri dengan baik, malam ini telah menghabiskan banyak hal secara fisik dan emosional,” timpal Southgate.

Ia memperingatkan bahwa Inggris akan menghadapi ujian besar lainnya melawan Italia di final. "Mereka tim yang sangat bagus, saya sudah memikirkan itu selama beberapa tahun terakhir,” ujar Southgate. “Mereka sudah menunjukkan performa yang fantastis, mereka memiliki pejuang saat bertahan di belakang yang telah melalui segalanya, ini adalah pertandingan yang hebat untuk dinanti-nantikan,” ucapnya.

Karena itu, Southgate mendesak pemainnya untuk menaklukkan satu rintangan besar yaitu Italia. Mereka ingin menutup menutup Euro 2020 dengan kemenangan. Di Stadion Wembley yang ramai penonton, Inggris akan menghadapi final pertama melawan Italia, tim yang terakhir memenangkan turnamen pada tahun 1968.

Dengan sejarah yang dipertaruhkan, Southgate ingin menantang para pemainnya untuk bisa melakukan pekerjaannya dengan gayanya. “Mereka sangat menyenangkan. Kami memiliki satu langkah lagi melawan tim fantastis yang tidak terkalahkan dalam banyak pertandingan," ungkap pelatih kelahiran  3 September 1970, ini.

Italia yang tak terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhir mereka, sudah menjadi salah satu tim paling mengesankan di turnamen tersebut. Tapi, Inggris akan memiliki sebagian besar dari 60.000 penonton di Wembley yang menginginkan mereka menang. Itu akan menjadi faktor yang menurut Southgate sangat penting. "Keuntungan besar adalah kami akan ditonton langsung penggemar kami,” katanya.

Hal hebat dalam kelompok pemain Inggris adalah mereka memiliki begitu banyak pengalaman berbeda dan menemukan begitu banyak cara berbeda untuk memenangkan pertandingan. "Mereka tidak panik pada saat-saat sulit, mereka bisa bertahan, lalu mereka bangkit dan kembali ke permainan. Pada akhirnya ini adalah malam yang indah untuk para penggemar kami, untuk publik kami dan untuk negara kami," jelas Southgate.

Pesta perayaan yang penuh rasa gembira terasa di penjuru Inggris usai peluit akhir. Memberikan momen katarsis bagi bangsa setelah begitu banyak kekalahan menyakitkan di turnamen sebelumnya.

Ekspresi kegembiraan dari ribuan penonton di Wembley tampak pada saat selebrasi usai laga. Bersama Southgate dan para pemainnya, mereka bergabung saat kompak menyanyikan lagu 'Sweet Caroline'.

Semuanya kompak menyanyikan bait-bait lagu yang diciptakan pada tahun 1969 itu sambil mengangkat kedua tangannya ke atas. Namun, mereka sadar bahwa Inggris perlu segera mengalihkan fokus ke Italia yang kini sudah bangkit di era Roberto Mancini. "Ada kekacauan di lapangan dan saya adalah bagian darinya. Kami harus menikmati fakta bahwa kami berada di final, tapi ada satu rintangan besar lagi yang harus ditaklukkan," ucap Southgate.

"Italia adalah tim yang sangat bagus. Saya pikir itu beberapa tahun terakhir. Mereka dalam performa luar biasa dan memiliki pejuang saat bertahan yang sudah melalui segalanya. Ini pertandingan yang bagus untuk dinanti. Final ada untuk dimenangkan," katanya. “Kami akan berkumpul kembali dan mempersiapkan diri dengan baik. Kami perlu pulih, itu akan menjadi laga yang akan membutuhkan banyak kekuatan fisik dan mental," pungkasnya. (tribun network/mba)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved