Breaking News:

Final Euro 2020, Media Italia Khawatir Konspirasi

Final Euro 2020 akan menampilkan pertandingan antara Italia menghadapi Inggris dalam laga yang akan digelar di Stadion Wembley, Senin (12/7) dini hari

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Final Euro 2020, Media Italia Khawatir Konspirasi 

Final Euro 2020 akan menampilkan pertandingan antara Italia menghadapi Inggris dalam laga yang akan digelar di Stadion Wembley, Senin (12/7) dini hari. Menjelang partai final ini, sejumlah media Italia mengungkapkan kekhawatiran mereka akan adanya konspirasi yang akan membawa Inggris menjadi juara.

KEKHAWATIRAN akan adanya konspirasi itu dipicu setelah adanya hadiah penalti kontroversial bagi Inggris pada masa perpanjangan waktu melawan Denmark. Pers Italia mengklaim keputusan penalti itu diberikan sebagai balasan atas sikap Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson terkait dengan Liga Super.

Raheem Sterling jatuh di kotak penalti pada saat dia hampir tidak ada tekanan dari pertahanan Denmark. Namun Wasit Danny Makkelie langsung menunjuk titik putih.

La Gazzetta dello Sport, dan surat kabar Italia lainnya, menggambarkan kontak pada Sterling sama sekali tidak ada dan mengecam keputusan wasit. Terlebih diputuskan secara terburu-buru dan kuranga melibatkan VAR.

Selain itu, rute Inggris ke final juga mendapat sorotan. Karena lima dari enam pertandingan yang dimainkan Inggris digelar di Wembley --yang lainnya di Roma dan final juga digelar di Wembley-- yang pada dasarnya menjadikan Euro 2020 sebagai turnamen kandang bagi Inggris.

Kekhawatiran konspriasi juga terkait dengan batalnya Liga Super Eropa. Pada awal tahun 2021, sepak bola Eropa diguncang dengan pengumuman Liga Super yang mencakup enam tim besar Inggris. Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Namun, reaksi besar-besaran dari penggemar di Inggris membuat proyek tersebut dibubarkan dalam waktu tiga hari. Perdana Menteri Inggris juga terlibat dan menentang pembentukan Liga Super, mencapnya sebagai 'kartel' dan mengumumkan bahwa dia akan melakukan segala upaya untuk memastikan Liga Super tidak bisa berjalan. Tentu saja sangat menyenangkan UEFA.

Namun kekhawatiran ini bisa saja dimentahkan oleh sikap wasit di final. Jika sikap wasit fair tentu saja kekhawatiran dari sejumlah media ini tidak perlu dikhawatirkan.

Timnas Italia dan Inggris akan bertanding di babak final Euro 2020. Ada catatan menarik dalam pertemuan kedua tim. Ini merupakan pertama kalinya Italia dan Inggris bertemu di babak final turnamen besar.

Sebelumnya, kedua tim telah bertemu dalam 27 pertandingan. Italia lebih banyak meraih kemenangan dengan meraih 11 kemenangan, sedangkan Inggris 8 kemenangan. Sedangkan dalam delapan pertandingan lainnya berakhir imbang.

Menariknya, dalam 27 pertandingan tersebut, Italia dan Inggris sama-sama mencetak 35 gol. Jadi total ada 70 gol dalam pertemuan kedua tim sejak 13 Mei 1933 hingga 27 Maret 2018.

Sedangkan dalam pertandingan khusus di Piala Eropa, pertemuan kedua tim merupakan duel yang ketiga kalinya. Mereka bertemu pada EURO 1980 dan 2012. Di Euro 1980, kedua tim bertemu di babak penyisihan grup. Italia menang dengan skor 1-0 lewat gol Marco Tardelli. Pada Euro 2012 pada babak Perempat final, Italia menang adu penalti atas Inggris dengan skor 4-2.

Italia selalu menang atas Inggris dalam dua pertemuan yaitu Piala Dunia 1990 dan 2014. Pada Piala Dunia 1990, Italia menang 2-1 atas Inggris pada laga perebutan tempat ketiga. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, Italia menang atas Inggris dengan skor 2-1 saat babak penyisihan grup.

Bagi penggemar Inggris, pertandingan final nanti akan memberikan kesempatan kepada Tiga Singa untuk mengakhiri satu buruk mereka melawan salah satu raksasa Eropa. Seperti yang telah mereka lakukan melawan Jerman di awal kompetisi.

Bagi Azzurri, pertandingan tersebut bisa menandai kelahiran kembali sepak bola Italia setelah bertahun-tahun mengalami masa kegelapan setelah gagal bermain di Piala Dunia FIFA 2018.(Tribun Network/mba)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved