Breaking News:

Misi Luar Angkasa Cina

Tangkal Bencana dari Luar Angkasa, Cina Siapkan Puluhan Roket untuk Cegah Asteroid Hantam Bumi 

Ambisi luar angkasa Cina kali ini boleh dibilang nyaris mustahil. Betapa tidak, negeri tirai bambu kini tengah mempersiapkan upaya antisipasi....

Editor: Eddy Fitriadi
AFP PHOTO/CHINA NEWS SERVICE/STR
Roket Long March 5B milik Cina. Cina akan mengirim lebih dari 20 roket terbesar untuk berlatih membelokkan asteroid raksasa yang bisa menghantam Bumi kapan pun. 

SERAMBINEWS.COM - Ambisi luar angkasa Cina kali ini boleh dibilang nyaris mustahil. Betapa tidak, negeri tirai bambu kini tengah mempersiapkan upaya antisipasi jatuhnya asteroid luar angkasa ke bumi.

Tak tanggung-tanggung, Cina akan mengirim lebih dari 20 roket terbesar untuk berlatih membelokkan asteroid raksasa yang bisa menghantam Bumi kapan pun.

Upaya Cina menangkal bencana dari luar angkasa ini layaknya film Armageddon.

Metode pembelokan asteroid kini menjadi perhatian ilmuwan luar angkasa, karena pada prinsipnya memang mungkin untuk dilakukan.

Para peneliti di Pusat Sains Luar Angkasa Nasional Cina telah melakukan simulasi penghancuran dan pembelokkan asteroid dengan roket Long March 5 buatan dalam negeri, sebagaimana diberitakan Reuters.

Ada 23 roket Long March 5 dapat membelokkan asteroid besar dari jalur aslinya dengan jarak 1,4 kali radius Bumi.

Syaratnya, semua roket harus menghantam asteroid secara bersamaan.

Perhitungan mereka didasarkan pada asteroid bernama Bennu, yang mengorbit matahari, yang lebarnya setinggi Empire State Building.

Secara ukuran, asteroid raksasa tersebut termasuk kelas batuan yang berpotensi menyebabkan kerusakan regional atau kontinental. Asteroid yang membentang lebih dari 1 km akan memiliki konsekuensi global.

Roket Long March 5 adalah kunci ambisi luar angkasa jangka pendek Cina. Roket ini telah melakukan sejumlah tugas penting, mulai dari mengirimkan modul stasiun luar angkasa hingga meluncurkan wahana ke Bulan dan Mars. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved