Breaking News:

Vaksin Covid

Cara Atasi Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Mungkin Muncul pada Tubuh, Kenali Juga Jenis Gejalanya

Untuk rekasi ringan lokal seperti nyeri, bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan vaksin, petugas kesehatan akan menganjurkan penerima vaksin untuk

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Safriadi Syahbuddin
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Seluruh karyawan Serambi Indonesia mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilangsungkan di Kantor Harian Serambi Indonesia, Jl. Raya Lambaro Km 4,5 Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (14/7/2021). 

SERAMBINEWS.COM - Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemungkinan munculnya rekasi atau efek samping vaksin Covid-19.

Saat ini, masyarakat umum di seluruh wilayah Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas sudah mulai bisa memperoleh vaksin Covid-19 dari pemerintah secara gratis.

Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini terus menggenjot percepatan program vaksinasi nasional untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Salah satu strategi pemerintah dalam mewujudkan program percepatan vaksinasi adalah mulai diberikan pada masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas.

Keberlanjutan program vaksinasi ini bisa menjadi angin segar bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. 

Sebab, ada banyak manfaat vaksin Covid-19 yang bisa diperoleh masyarakat.

Dikutip dari dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang diterbitkan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kemenkes RI, diterangkan bahwa vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu.

Baca juga: Aceh Perpanjang Jadwal Vaksinasi Massal, Antusiasme Masyarakat Masih Tinggi

Sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19.

Yaitu dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved