Breaking News:

Opini

Kampus Sebagai Lokomotif Transformasi Digital

TRANSFORMASI Digital adalah strategi menggunakan teknologi digital secara drastis untuk mengubah cara beroperasi bisnis dan melanyani pelanggan

Editor: bakri
Kampus Sebagai Lokomotif Transformasi Digital
FOR SERAMBINEWS.COM
Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Unimal dan Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia Aceh

Oleh  Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Unimal dan Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia Aceh

TRANSFORMASI Digital adalah strategi menggunakan teknologi digital secara drastis untuk mengubah cara beroperasi bisnis dan melanyani pelanggan. Dimana saat ini hampir semua organisasi ataupun industri sangat tergantung pada data dan teknologi agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien serta mampu memberikan nilai tambah kepada auner dan pelanggan.

Dengan ditemukan teknologi komputer, maka konsep transformasi digital merupakan pengembangan dan tahapan berikutnya yang diperkenalkan internet mainstream pada tahun 1990an. Kemampuan untuk mengubah bentuk tradisional media seperti foto dan dokumen lainnya yang telah memudar dan digantikan dengan teknologi digital yang dipersembahkan kepada masyarakat.

Perkembangan digitalisasi saat ini telah merambah hampir semua kehidupan manusia, yang juga dengan sendirinya mempengaruhi cara manusia mendidik, bekerja, bepergian, mengelola dan hidup di zaman modern ini.

Kinerja suatu lembaga dapat meningkat serta sukses dengan adanya data yang ditampilkan melalui teknologi sehingga dapat mengubah performan bisnis secara dinamis. Transformasi digital memungkinkan untuk menyatukan manusia dengan bisnis dan teknologi kedalam kehidupan bisnis digital, yang memungkinkan sebuah lembaga memberikan pengalaman digital, operasi digital serta inovasi digital yang membuat bisnis digital dapat berinovasi begitu cepat untuk melahirkan produk dan layanan digital yang sangat bermanfaat bagi kehidupan nyata.

Organisasi yang mampu mengupayakan tranformasi digital sehingga dapat menggeser pola pikir, strategi, dan budaya organisasi untuk mengimbangi perubahan kebutuhan yang dapat mencapai hasil seperti pengalaman digital, operasi digital serta inovasi digital. Apabila manusia mampu mempertahankan talenta digital sangat penting, agar mampu memelihara struktur dan budaya organisasi yang tepat untuk mendukung kolaborasi, fleksibilitas, dan kecepatan.

Lembaga pendidikan yang merupakan embrio utama dalam mendidik serta mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan manusia sangat berkolerasi terhadap tranformasi digital. Dimana kemudahan dari digitalisasi yang dapat memangkas berbagai tahapan dalam menggapai suatu tujuan membuat pekerjaan besar seakan berada dalam gengaman yang sederhana.

Model dan sistem yang sangat berberkolerasi positif terhadap teknologi telah membuka cakrawala dunia yang semakin tranparan dan nyata.

Kampus yang merupakan tempat berprosesnya berbagai teknologi dan ilmu pengetahuan sudah seharusnya menjadi inisiator pengembangan teknologi digital. Sehingga tidaklah bersebihan apabila kampus merupakan lembaga utama yang menerapkan tranformasi digital dalam kehidupan keseharian. Dengan demikian masyarakat sivitas akademikan salah satu komunitas yang paling siap untuk menggunakan ternologi digital serta sebagai perintis utama dalam pengembangan teknologi tersebut ke depan.

Laboratorium kampus dituntut untuk selalu “mengepul asap” proses penelitian kepada tranformasi digital yang lebih signifikan agar kesempurnaan dari tranformasi tersebut semakin dekat pada kenyataan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved