Breaking News:

Berita Aceh Besar

Serahkan Bantuan Bibit Bawang di Aceh Besar, H Irmawan: Petani Pahlawan Ketahanan Pangan Indonesia

Anggota DPR RI Komisi IV H Irmawan S.Sos. MM mengatakan pandemi Covid-19 telah memporak porandakan sektor perokonomian juga sektor pertanian

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota DPR RI Komisi IV H Irmawan S.Sos. MM menyerahkan bantuan bibit bawang kepada petani di Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, ACEH BESAR - Anggota DPR RI Komisi IV H Irmawan S.Sos. MM mengatakan pandemi Covid-19 telah memporak porandakan sektor perokonomian juga sektor pertanian.

Demikian disampaikan saat membuka Bimtek Produksi Benih Sumber Padi bagi kelompok tani di kecamatan Lhoong kabupaten Aceh Besar , Selasa (13/07/2021).

Kegiatan tersebut merupakan usulan Anggota DPR RI H Irmawan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan produksi benih petani melalui Kementerian Pertanian RI.

Program ini diteruskan kepada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh bersama Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Besar yang melakukan bimbingan teknis (Bimtek) bagi petani di Kabupaten Aceh Besar pada Selasa (13/7/2021) di Desa Gapuy, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Besar.

Baca juga: Anggota DPR RI Asal Aceh H Irmawan Bagikan 1,2 Ton Ikan Untuk Santri

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang produksi benih sumber padi sawah dan proses sertifikasinya serta teknologi budidaya bawang merah dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).  

Turut hadir pada acara tersebut, Anggota DPR-RI Irmawan S.Sos M.M bersama Tenaga Ahlinya Munawar AR dan Ramadhan WR, Kepala BPTP Aceh yang diwakili Dr Rachman Jaya, dan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Besar M Jakfar SP bersama para Kepala Bidang.

Juga hadir para Muspika Kecamatan Lhoong, Peneliti BPTP Aceh, Koordinator BPP Lhoong dan seluruh petani kooperator Desa Gapuy.

Anggota DPR RI Komisi IV H Irmawan S.Sos. MM saat membuka Bimtek Produksi Benih Sumber Padi bagi kelompok tani di kecamatan Lhoong kabupaten Aceh Besar , Selasa (13/07/2021)
Anggota DPR RI Komisi IV H Irmawan S.Sos. MM saat membuka Bimtek Produksi Benih Sumber Padi bagi kelompok tani di kecamatan Lhoong kabupaten Aceh Besar , Selasa (13/07/2021) (FOR SERAMBINEWS.COM)

Dalam sambutannya, Kepala BPTP Aceh yang diwakili Koordinator Program dan Evaluasi Dr Rachman Jaya mengatakan, bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Bimtek tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada petani bagaimana menjadi penangkar benih sumber padi di tingkat petani dan proses sertifikasi yang harus dilakukan.

“Penggunaan benih bermutu sangat penting bagi petani dan kita berharap benih tersebut dapat diproduksi sendiri oleh petani sehingga ketersediaan dan kualitas benih lebih terjamin,” kata Rachman

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini adalah kolaborasi antara Kementerian Pertanian dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Baca juga: Perkuat Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, H Irmawan Salurkan Bantuan Pangan Lestari Rp 2,4 Miliar

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved