Breaking News:

Feature

Cerita Polisi Humanis Sapa Pedagang saat Penerapan PPKM, Dikira Razia Malah dapat Sembako

Meski omzet usahanya menurun, namun tetap saja harus mematuhi penerapan PPKM demi mengakhiri masa pandemi.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/ZAKI MUBARAK
Para pedagang kecil yang berada di Jalan Merdeka Timur, menerima bantuan sembako saat operasi PPKM secara persuasif di Lhokseumawe, Kamis (15/7/2021). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE - Ira Rustina sempat mematikan lampu tempat ia berjualan karena takut lantaran segerombolan petugas gabungan menyapa para pedagang.

Tapi sebaliknya, petugas menegur pedagang dengan cara sopan dan tidak melakukan pemaksaan atau tindakan arogansi.

“Kali ini kok beda, cara petugas sangat menyentuh hati dan tidak membuat pedagang ketakutan. Justru malah dikasih sembako, kan kaget," tutur Ira yang berjualan di Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe.

Satgas Yustisi Gelar Patroli Rutin di Pasar Almahirah Lamdingin

Ira mengaku selama penerapan PPKM pendapatannya menurun drastis hingga 50 persen.

Meski omzet usahanya menurun, namun tetap saja harus mematuhi penerapan PPKM demi mengakhiri masa pandemi.

Operasi kali ini dipimpin Kasat Binmas Akp Fazli didampingi Kasat Reskrim AKP Yoga Panji Prasetya serta Kasat Intelkam AKP Andri Permadi, petugas menyisir Jalan Merdeka Timur karena di kawasan tersebut banyak pedagang kecil yang berjualan.

“Malam Pak, gimana kondisi pembeli, sepi ya? Sabar dulu ya. Untuk jamnya menyesuaikan saja. Boleh malam sedikit. Yang penting jangan ada makan di tempat,” ucap AKP Fazli kepada para pedagang, Kamis (15/7/2021) malam.

Selain itu, kata Fazli kegiatan ini untuk mendongkrak kesadaran masyarakat tanpa paksaan patuhi protokol kesehatan.

Pantauan Serambinews.com, awalnya sekira pukul. 22.30 Wib, kehadiran petugas gabungan yang terdiri Polres Lhokseumawe, Kodim 0103/Aceh Utara dan Satpol-PP Kota Lhokseumawe sempat membuat panik para pedagang yang menjamur di Lapangan Hirak.

Meski sebagian pedagang tampak cuek dan apatis ketika melihat kedatangan petugas gabungan, mereka juga tetap santai melayani pembeli seperti biasa.

Nongkrong di Warkop Malam Hari, 9 Warga Terjaring Patroli Yustisi dan PPKM di Lhokseumawe & Diswab

Namun sebagian pedagang musiman lainnya yang menyajikan makanan dan minuman setempat justru kalang kabut mematikan lampu dan segera berkemas barang untuk menutup tempat usahanya.

Kenyataannya, para pedagang malah jadi salah tingkah ketika Kasat Binmas AKP Fazli menghampiri sambil mengucapkan salam dengan nada bicara yang sopan.

Rasa panik dan ketakutan para pedagang pun seketika hilang karena tidak menyangka petugas yang datang dengan cara persuasif.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved