Breaking News:

Pemko Langsa Tidak Menggelar Open House Idul Adha 1442 Hijriah

Pemerintah Kota Langsa tahun 2021 tidak menggelar Open House dan Halal Bihalal pada Lebaran Idul Adha 1442 Hijriah

Editor: bakri
For Serambinews.com
M. HUSIN, Plt. Kadis Kominfo Kota Langsa 

LANGSA - Pemerintah Kota Langsa tahun 2021 tidak menggelar Open House dan Halal Bihalal pada Lebaran Idul Adha 1442 Hijriah. Kebijakan ini sesuai dengan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta untuk menghambat munculnya varian baru.

Langkah ini diterapkan dalam rangka melindungi, memberikan rasa aman kepada warga Kota Langsa, karena pandemi Covid-19 belum terkendali. Hal itubdisampaikan Plt. Kadis Kominfo Kota Langsa M. Husin, S. Sos. MM, sebagaimana disampaikan Wali Kota Langsa Usman Abdullah, SE Kamis (15/7/2021) di ruang kerjanya.

Menurut M. Husin, Open House ditiadakan karena Pandemi Covid-19 sudah sangat meresahkan masyarakat, semoga ini cepat berakhir dan kehidupan masyarakat kembali normal. Kemudian Walikl Kota memohon maaf kepada kita semua tidak dapat melaksanakan agenda tahunan ini sebagai ajang silaturahmi, seraya meminta warganya untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Tetap memakai masker, menjaga jarak dalam interaksi, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan pakai sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas.

M. Husin, yang juga juru bicara Covid-19 Kota Langsa menerangkan, berkaitan dengan pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah juga harus mengacu kepada aturan protokol kesehatan. Begitu juga penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat dimulai dari proses penyembelihan sampai pendistribusian daging qurban tetap mengacu protokol kesehatan. Kepada panitia penyembelihan hewan qurban dininta untuk menyesuaikan jumlah personilnya , menambah jumlah tempat penyembelihan dan membagi waktu 2, 3 dan sampai 4 hari.

Sebagaimana Taushiah MPU Aceh Nomor 5 Tahun 2021 M/1442 H Tentang Pelaksanaan Ibadah Idul Adha, penyembelihan Hewan Qurban dan Kegiatan Keagamaan lainnya Tahun 1442 H. Wali Kota berharap perlu dilakukan langkah-langkah aplikatif dan efektif untuk mencegah dan mengendalikan potensi penularan Covid- 19.

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Hewan Qurban Tahun 1442 H/ 2021 M. Kemudian berkaitan dengan takbiran keliling Idul Adha 1442 Hijriah, masyarakat diminta agar dapat mengumandangkan takbiran di masjid-masjid, mushala, surau/ meunasah dan di rumah masing-masing. (*/zb)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved