Breaking News:

Kabar Bireuen

Bupati Bireuen Serahkan 32 Hewan Kurban ke Sejumlah Gampong

Distribusi hewan kurban di Kabupaten Bireuen akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada Sabtu dan Minggu.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok Pemkab Bireuen
Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi bersama para pejabat, Minggu (18/07/2021) menyerahkan hewan qurban di Desa Cot Jrat, Kota Juang. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Bupati Bireuen, Dr  H Muzakar A Gani SH MSi didampingi Asisten l, Asisten lll, Staf Ahli Bupati dan para Kepala SKPK serta camat selama dua hari Sabtu dan Minggu (17-18/07/2021) menyerahkan hewan kurban untuk 22 desa di 17 kecamatan.

Hewan kurban 32 ekor terkumpul dari sumbangan para pejabat, pegawai Pemkab Bireuen, pengusaha, PDAM, PLN,  masyarakat, partisipasi perusahaan Talisman Repsol, Primer Oil.dan Mubadala Petroleum dan lainnya, kata Asisten Administrasi Umum, Dailami S Hut.

Sekdakab Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad M Si mengatakan, Pemkab Bireuen membentuk panitia kurban Pemkab mengumpulkan sebanyak 32 ekor lembu dari berbagai kalangan yang berkurban, hewan kurban distribusikan ke 22 gampong dalam 17 kecamatan di Bireuen.

Kabag Kesra dan keistimewaan Aceh Setdakab Bireuen, Drs Zamzami mengatakan, distribusi hewan kurban dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu (17-18/07/2021).

Bupati Bireuen mengatakan, tahun lalu 13 ekor lembu qurban dan tahun ini meningkat tajam mencapai 32 ekor.

Banyaknya lembu kurban yang diperoleh tidak lepas dari kebersamaan berbagai pihak, sehingga masyarakat desa dapat menikmati daging hewan qurban walaupun belum merata.

Baca juga: Harga Daging di Bireuen Tembus Rp 170.000/Kg, Tulang Iga Rp 100.000/Kg

Baca juga: Waduh, Sejumlah Dokumen BPKD Pemko Subulussalam Ditemukan di Pinggir Jalan

Baca juga: Bidan Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai, Diduga Nekat Akhiri Hidup, Suami Sebut Korban Depresi

Kepedulian terhadap orang miskin dengan membagi harta sedikit untuk berkurban semakin tinggi, buktinya tahun lalu hanya 13 ekor dan tahun ini mencapai 32 ekor.

Penyerahan masing-masing lembu disertakan nama-nama orang yang berkurban dan penerima kurban akan melaksanakan amanah tersebut dengan baik, ujar Bupati. 

Penyerahan perdana ke Desa Paya Seupat, Gandapura Bireuen. diawali dengan menyebutkan nama-nama orang yang berkurban untuk lembu yang diserahkan bagi desa setempat berjumlah tujuh orang.

Tgk Musa Mustafa selaku imam desa yang didampingi M Husen Nurdin selaku kepala desa dan Manfaluti selaku sekdes menerima amanah tersebut dan akan dilaksanakan sebagaimana mestinya, kemudian bupati menyerahkan uang minum untuk yang mengerjakan atau yang memotong hewan kurban.

Begitu juga untuk 22 desa lainnya, penyerahan lembu disertai nama-nama orang yang berkurban.

Baca juga: Mensos Tri Rismaharini Sebut Warga tak Dapat Bansos karena Pindah Tanpa Lapor RT

Baca juga: Belum Genap Seminggu Ditinggal Ibunda Wafat, Ustaz Solmed Harus Kehilangan sang Ayah Meninggal Dunia

Baca juga: KONI Aceh Tancap Gas, Bina 70 Atlet Muda untuk Persiapan ke PON 2024

Adapun 22 desa yang memperoleh lembu qurban yaitu Desa Meurah dan Batee Iliek (Samalanga) Desa Samagadeng (Pandrah), Lawang  (Peudada),  Teupin Mane Desa Beuyot dan Simpang Mulia (Juli).

Selanjutnya, Blang Panjoe dan Paya Abo  (Peusangan), Blang Mee dan Pulo Nga (Kutablang), Paya Seupat (Gandapura), Alue Bie Pusong (Jangka), Kuala Raja (Kuala), Cot Jrat (Kota Juang).

Seterusnya, Cot Aneuk Batee (Peusangan Siblah Krueng), Mee Rayeuk (Peusangan Selatan), Krueng Meuseugop (Simpang Mamplam), Mesjid Al Ikhlas Desa Leubu Mee dan Blang Dalam (Makmur), Blang Poroh.(Jeunieb), Garap (Peulimbang) dan Alue Limeng (Jeumpa).(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved