Breaking News:

Lagi, Dua Nominator Andalan dari Aceh Selatan untuk API 2021

Hal ini mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh untuk menggelar rapat strategi promosi pemenangan API Awards 2021

Editor: bakri
For Serambinews.com
Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran bersama istri saat menerima API Awards 2021 

TAPAKTUAN - Provinsi Aceh berpeluang menjadi juara umum dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2021. Hal ini mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh untuk menggelar rapat strategi promosi pemenangan API Awards 2021 pada Jum’at (16/7), bertempat di Ruang Rapat Disbudpar Banda Aceh.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin, dan diikuti oleh sembilan Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota nominator API 2021, termasuk Aceh Selatan. “Alhamdulillah, tahun lalu (API 2020) Aceh dapat lima juara, tahun ini kita membawa spirit untuk target juara umum. Apabila pada keseluruhan kategori kita mendapat juara satu, dan Aceh menjadi juara umum, tentunya akan mendongkrak kunjungan wisatawan karena dampak dari ajang ini sangat besar lewat media promosinya” jelas Jamaluddin.

Keseriusan Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh ini tentunya menunjukkan betapa pentingnya API Award ini sebagai momentum untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten/ kota. Masyarakat Aceh Selatan patut berbangga, karena kembali berhasil meloloskan dua nominator andalan pada API Award 2021 ini, yaitu Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa.

Sebelumnya pada gelaran API Award 2020, Aceh Selatan berhasil membawa pulang 2 piala, yakni Cinderamata Rencong Batu sebagai Juara I, dan Destinasi Surfi ng Samadua sebagai Juara III. Merespon lolosnya Aceh Selatan pada API 2021 ini, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Safril, S.Sos, bersama jajaran bergerak cepat dan terus mempromosikan dua nominator tersebut, yakni Dataran Tinggi Terpopuler SIGANTANG SIRA (Ketik API 10H, SMS ke 99386) dan Destinasi Kreatif ANJUNGAN TAPAK TUAN TAPA (Ketik API 15A, SMS ke 99386).

“Kami juga telah bekerjasama dengan pihak Disbudpar Aceh untuk mempermudah dalam melakukan voting dengan menciptakan sebuah aplikasi QR (Guick Response) code, penggunaan kode barcode ini dapat dilakukan hanya dengan mengarahkan camera ponsel dan aplikasi langsung mengarahkannya pada nominasi yang kita pilih dari ketiga cara voting, seperti, melalui pengiriman sms ke 99386, mengunjungi kanal Youtube APIaward 2021 dan Akun Instagram #ayojalanjalanindonesia”, jelas Safril.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, menyambut baik masuknya Aceh Selatan sebagai nominator API 2021 ini. Sebagaimana disampaikan melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta, M.I.Kom, bahwa pada saat Bupati Amran bertemu dan berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, beberapa waktu lalu, disampaikan bahwa Kabupaten Aceh Selatan memiliki beragam objek wisata unggulan.

Dengan adanya rencana program Mega Investasi UEA di Pulau Banyak Singkil, maka Aceh Selatan sebagai wilayah terdekat dengan Pulau Banyak, yang memiliki fasilitas Bandara T. Cut Ali, serta tersedianya akses jalan tembus Bulohseuma-Singkil, maka tak berlebihan jika disebut bahwa Aceh Selatan merupakan kawasan penyangga utama yang sangat strategis dan representatif untuk mendukung program pemerintah tersebut.

Pada beberapa kesempatan, Bupati Aceh Selatan menyampaikan kepada masyarakat agar tidak anti dengan pengembangan objek wisata, sebab jika objek wisata itu maju, dan wisatawan banyak berkunjung, maka akan menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli daerah, demi terwujudnya pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat, jelas Tgk. Amran.

Tak lupa, Bupati Amran juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan kepada dua nominator Aceh Selatan pada API 2021 ini, yaitu Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa.(HAS)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved