Breaking News:

Sapi Kurban

Pidie Jaya Salurkan 182 Hewan Kurban, akan Dibagikan kepada 10.920 Kaum Miskin di 222 Gampong

Bupati Pijay H Aiyub Bin Abbas kepada Serambinews.com, Minggu (18/7/2021) mengatakan meski di tengah wabah pandemi Covid-19 pada tahun ini yang masih

Penulis: Idris Ismail | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/IDRIS ISMAIL
Bupati Pidie Jaya H Aiyub Bin Abbas (tengah) menyaksikan peragaan penyembelihan dengan menggunakan kandang mini besi di sela-sela prosesi penyerahan 182 ekor ternak sapi Idul Adha 1442 H di kompleks perkantoran Bupati, Cot Trieng, Meureudu, Minggu (18/7/2021). 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Minggu (18/7/2021) menyalurkan 186 ekor ternak sapi yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 1442 H dan dagingnya dibagikan kepada 10.920 kaum miskin dalam delapan kecamatan.

Rangkaian kegiatan tersebut dipusatkan kompleks perkantoran Bupati setempat, Cot Trieng, Meureudu.

Proses penyerahan sapi tersebut dihadiri oleh Bupati Pidie Jaya H Aiyub Bin Abbas Wakil Bupati, H Said Mulyadi SE MSi, Sekda Ir Jailani Beuramat, Kapolres Pijay AKBP Musbagh Ni'am SAg SH MH, Dandim 0102/Pidie dan Pijay, Letkol Arh Tengku Sony Sonatha SE MIP, serta para kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) serta ratusan masyarakat.

Bupati Pijay H Aiyub Bin Abbas kepada Serambinews.com, Minggu (18/7/2021) mengatakan meski di tengah wabah pandemi Covid-19 pada tahun ini yang masih berlangsung namun semangat jiwa para Aparatur Sipil Negara (ASN) masih tergolong tinggi.

Gubernur Serahkan Sapi Kurban Seberat 1,02 Ton Sumbangan Presiden untuk Masyarakat Aceh Besar

"Sebelumnya pada 2020 lalu, jajaran ASN menyerahkan 171 ekor ternak lembu dan tahun ini menjadi 182 ekor sapi maka sembelihan ini difokuskan untuk 10.920 penerima atau kaum fakir dan miskin di delapan kecamatan," sebutnya.

Ditegaskan orang nomor satu di Pijay, Pemkab berkomitmen pencapaian pada tahun 2022 mendatang menargetkan jumlah tenak hewan kurban sebanyak 222 ekor dapat tercapai sehingga setiap gampong di delapan kecamatan yaitu 222 gampong dengan masing-masing mendapat satu ekor.

Menurut Abua sapaan Aiyub Bin Abbas pencapaian target hewan kurban ini sebagai bukti komitem bersama dalam mencapai keridhaaan Allah SWT dan juga sebagai implementasi keimanan yang tulus dalam interaksi ibadah sosial.

Sambut Idul Adha 1442 H, Intip 5 Artis Berburu Hewan Kurban, Ada yang Borong Sapi di Peternakan!

"Saya yakin dengan semangat berkurban ini dapat mencerminkan tujuan utama yang terbungkus dalam visi dan misi dalam peningkatan kesejahteraan terutama pada hari-hari besar islam dengan mengenalkan nilai keadilan," jelasnya.

Selain itu, dalam prosesi penyerahan ternak kurban itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) setempat Syukri Itam SPd MM langsung memperagakan demo penyembelihan ternak dengan kandang mini dari besi yang dirancang secara khusus untuk sembelihan. Demo ini disaksikan oleh Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda).

"Peralatan ini sangat praktis dalam memudahkan pemotongan (sembelih) hewan tanpa menyakiti dan mempercepat proses," demikian jelas Syukri Itam kepada Serambinews.com, Minggu (18/7/2021).(*)

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama di Aceh Singkil Capai 81,3 Persen

Baca juga: Permintaan Pohon Bidara Tinggi di Aceh, Berikut Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

Baca juga: Viral Video Mantan Anggota Dewan Ngaku Dianiaya Petugas Pos Penyekatan hingga Buta

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved