Breaking News:

Opini

Pesona Hamparan Awan dari Ketinggian Lut Kucak

Bener Meriah merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Aceh. Kabupaten hasil pemekaran

Editor: hasyim
Pesona Hamparan Awan dari Ketinggian Lut Kucak
FOTO IST
LISA MALA HIKMAH Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Bener Meriah

Oleh LISA MALA HIKMAH, Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melaporkan dari Bener Meriah

Bener Meriah merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Aceh. Kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten induknya, Aceh Tengah, ini kerap dijuluki “Negeri di Atas Awan” karena memang berada di ketinggian Dataran Tinggi Gayo.

Bener Meriah beribu kota Simpang Tiga Redelong dan memiliki luas wilayah sekitar 1.919. 69 km yang terdiri atas sepuluh kecamatan dan 233 desa.

Selain memiliki hawa yang sejuk, Bener Meriah juga menyimpan sejuta pesona alam seperti Gunung Api Burni Telong, Air Terjun Tansaran Bidin, kebun stroberi, kebun jeruk, kebun kopi, kebun tebu, Danau Lut Kucak, dan masih banyak objek wisata lainnya yang layak dikunjungi.

Salah satu objek wisata yang sedang ‘naik daun’ di kabupaten ini adalah Lut Kucak atau Lut Atas.

Lut Kucak merupakan objek wisata baru. Keindahan alamnya mirip dengan objek wisata Gunung Lawu di Jawa Tengah.

Dulu, danau mungil ini sempat terbengkalai dan tak terawat sama sekali. Saat ini, keberadaan Danau Lut Kucak tampaknya sudah mulai mendapat perhatian serius dari Pemkab Bener Meriah untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi. Hal ini ditandai dengan telah dibukanya akses jalan sejauh 2 km menuju puncak Danau Lut Kucak.

Pemerintah kabupaten penghasil arabika terbaik ini juga telah mengantongi surat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga dari KPH III Aceh untuk mengelola Lut Kucak. Soalnya, objek wisata ini terletak di hutan lindung. Saat ini sedang dilakukan pembangunan sejumlah fasilitas di sini guna menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung.

Kawasan Lut Kucak memiliki areal 813 hektare (ha) dengan luas kawah danau sekitar 8 ha persegi. Dengan adanya upaya pemugaran objek wisata di wilayah ini, Pemkab Bener Meriah sekaligus berharap dapat mempersempit jalur lintas ‘illegal logging’ yang selama ini sangat meresahkan masyarakat dan merusak ekosistem.

Objek wisata Lut Kucak terletak di Kampung Waq Pondok Sayur, Kecamatan Bukit, Bener Meriah. Memiliki ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl), danau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan luar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved