Breaking News:

News Video

VIDEO - Haji 2021, Video Situasi Jamaah di Mina Terlihat Sepi, Jamaah Mulai Bergerak untuk Mabit

Haji musim pandemi tahun ini digelar terbatas, dengan kuota 60.000 jemaah. Kuota itupun dikhususkan bagi warga Arab Saudi dan para ekspatriat.

Penulis: Ranu Teruna | Editor: Ansari Hasyim

SERAMBINEWS.COM - Ibadah haji telah dimulai. Jamaah mulai datang ke Mina untuk mabit (bermalam). Selanjutya besok Senin (19/7/2021) bertepatan dengan hari Arafah, jemaah akan berkumpul di Arafah.

Di Arafah inilah puncak ibadah haji. Jemaah akan mengikuti proses bernama Wukuf yang merupakan rukun haji. Semua jemaah wajib datang secara fisik di Arafah. Tidak bisa tidak. Apapun kondisinya.

Jemaah yang tidak datang ke Arafah, hajinya tidak sah atau sama dengan tidak melaksanakan haji.

Baca juga: Dijanjikan Ongkos Rp 15 Juta, Pemuda Ini Bawa Ganja dari Galus ke Atam, Sempat Kabur Saat Dirazia

Baca juga: WHO Peringatkan Lebih Banyak Varian Baru Corona yang akan Menyebar ke Seluruh Dunia

Baca juga: Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, Koramil Ingin Jaya Semprot Disinfektan Masjid dan Meunasah

Dari video yang diunggah MakkaH Live, terlihat kondisi di Mina tampak sepi. Terlihat barisan tenda tempat mabit berjajar. Tenda-tenda ini merupakan tenda permanen.

Di musim haji normal, Mina biasa disebut dikenal sebagai Kota Tiga Malam. Kota yang hanya hidup saat musim haji datang. Tepatnya saat jemaah mabit di tempat itu selama tiga malam hingga berakhirnya masa lempar jumrah.

Namun kali ini beda. Di masa haji musim pandemi, terlihat Mina sepi-sepi saja, meski sudah jelang puncak haji. Tidak banyak terlihat di luar tenda.

Haji musim pandemi tahun ini digelar terbatas, dengan kuota 60.000 jemaah. Kuota itupun dikhususkan bagi warga Arab Saudi dan para ekspatriat yang sudah menetap di Saudi.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengungkapkan, dari 60.000 kuota yang tersedia, ada 500.000 warga yang ikut berebut mendaftar, sehingga seleksi cukup ketat dilakukan.

Untuk WNI, data sementara yang sudah lolos seleksi sebanyak 327 orang. "Saat ini sudah terdata 327 WNI yang menjadi jemaah haji tahun ini," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali melalui keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

"Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jemaah sesuai prosedur yang diberlakukan Saudi," lanjut dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved