Breaking News:

Video

VIDEO - Blue Origin, Jeff Bezos dan Kru Sukses Mengangkasa

Namun Bezos dikalahkan dalam perjalanan ruang angkasa pribadi selama sembilan hari oleh saingan miliardernya Richard Branson.

Penulis: Yuhendra Saputra | Editor: Safriadi Syahbuddin

SERAMBINEWS.COM, TEXAS - Miliarder Jeff Bezos dan kru, termasuk mantan astronot dalam pelatihan berusia 81 tahun dan seorang remaja Belanda yang ayahnya membayar untuk ikut penerbangan, telah menyelesaikan peluncuran dengan sukses ke tepi luar angkasa pada Selasa (20/7/2021) dari negara bagian AS, Texas.

"Whoo-hoo! Ya Tuhan, gelap sekali di sini!," kagum Wally Funk, orang tertua di luar angkasa, saat para kru menghabiskan beberapa menit saat hampa udara sekitar 100 kilometer di atas permukaan bumi.

Sebuah roket panjang berbentuk tabung meledakkan kapsul ruang angkasa New Shepard di ketinggian maksimum sebelum kembali ke Bumi, dengan tiga buah parasut, sebelum mendarat di padang rumput.

Wally Funk, yang dilatih untuk menjadi astronot pada 1960-an tetapi dibatalkan kesempatannya untuk terbang ke luar angkasa hanya karena dia seorang wanita.

Setelah dia dan yang lainnya keluar dari kapsul, dikelilingi oleh teman, keluarga, rekan kerja, dan reporter, dia mengangkat tangannya ke udara, berseri-seri, dan berseru: "Ya Tuhan, bagus sekali! Kalian harus mencobanya!"

Bezos dikalahkan dalam perjalanan ruang angkasa pribadi selama sembilan hari oleh saingan miliardernya Richard Branson, meskipun Branson terbang dengan pesawat yang tidak setinggi kapsul Bezos.

Kedua penerbangan tersebut dianggap "sub-orbital", karena mereka tidak melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Bezos, mantan CEO Amazon yang selalu terpesona dengan perjalanan luar angkasa.

Itu adalah isi pidato perpisahan saat masih di sekolah menengah.

Dia mendirikan perusahaan antariksa Blue Origin pada tahun 2000 dan dia mengatakan telah melikuidasi miliaran dolar saham Amazon selama bertahun-tahun untuk mendanai Blue Origin.

Minggu ini, Bezos mengakui kritik bahwa dia dan Branson hanyalah turis luar angkasa yang sangat kaya, tetapi ada konsekuensi di balik penerbangan luar angkasa mereka, yaitu, membawa orang dan produk biasa ke luar angkasa secara teratur.

Untuk saat ini harga untuk wisata luar angkasa sangat mahal. Kedua pria tersebut mengatakan harga tiket, mulai awal tahun depan, akan dibanderol sekitar $250.000 (Rp 3,6 miliar) per orang.

Tetapi Kolonel Chris Hadfield, pensiunan astronot NASA, mengatakan kepada CNN bahwa apa yang telah dilakukan Bezos dan Branson mirip dengan perjalanan penerbangan awal pada tahun 1920-an, ketika itu juga hanya untuk orang kaya.

"Masih banyak hal yang harus diselesaikan, tetapi ini adalah awal dari sesuatu. Ini meletakkan dasar untuk apa yang akan terjadi selanjutnya," katanya.(Anadolu Agency)

Baca juga: Meski Sudah Mundur dari Amazon, Jeff Bezos Miliki Uang Tunai Setara Ratusan Triliun Rupiah di Bank

Baca juga: MacKenzie Scott, Mantan Istri Jeff Bezos Sumbangkan Rp 38,61 Triliun Hartanya untuk Amal

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved