Breaking News:

ASDP Buka Tiga Kali Pelayaran, Dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Balohan

PT Angkutan, Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP), yang menjadi operator pengoperasian KMP BRR dan KMP Aceh Hebat 2

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas ASDP Cabang Banda Aceh 

BANDA ACEH - PT Angkutan, Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP), yang menjadi operator pengoperasian KMP BRR dan KMP Aceh Hebat 2, mulai Rabu (21/7) membuka tiga kali pelayaran untuk rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheue - Balohan, Sabang.

"Pada Lebaran pertama Idul Adha 1442 hijriah kemarin, jadwal pelayaran KMP Aceh Hebat 2/KMP BRR hanya satu kali. Mulai lebaran kedua ini, PT ASDP, menjadwalkan tiga kali dalam satu hari untuk rute pelayaran tersebut,” kata Kabid Pelayaran Dishub Aceh, Al Qadri melalui Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lhue, Fahrur kepada Serambi, Rabu (21/7).

Fahrur mengatakan, alasan pihak ASDP membuat tiga kali pelayaran dalam sehari, untuk mengatasi lonjakan penumpang dari Banda Aceh ke Sabang.

Pada hari pertama lebaran Idul Adha kemarin, sebut Fahrul, jumlah penumpang kapal lambat dari Ulee Lheue ke Balohan Sabang, jumlahnya hanya 232 orang, baru memenuhi sebesar 58 persen, dari kapasitas penumpang kapal sekitar 400 orang dan puluhan sepeda motor roda dua maupun roda empat. Sedangkan penumpang yang balik dari Sabang ke Banda Aceh, jumlahnya lebih sedikit sebanyak 224 orang bersama mengangkut puluhan kenderaan roda dua maupun roda empat.

Pada hari kedua lebaran, jumlah penumpang KMP Aceh Hebat 2 yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan pada pukul 8 pagi, sebut Fahrur, lebih sedikit lagi penumpangnya hanya 210 orang dan mengangkut 46 unit roda dua serta 15 unit roda empat.

Untuk penumpang dari Sabang ke Banda Aceh yang naik KMP BRR, jumlahnya hampir sama seperti hari pertma, hanya 223 orang, dengan jumlah angkutan 7 unit roda dua dan 8 unit roda empat. Sementara untuk Kapal Cepatnya (5F) dari Sabang ke Banda Aceh, hanya membawa 117 orang penumpang.

Pada hari kedua lebaran ini, kapal cepat jadwalkan tiga kali berangkat dari Ulee Lheue ke Balohan Sabang, yaitu Pukul 08.00 WIB pagi, pukul 11.00 WIB siang dan pukul 16.00 WIB sore. Sementara untuk kapal cepat yang baru ada jadwal dari Sabang ke Banda Aceh membawa 117 orang penumpang. “Sedangan dari Banda Aceh ke Sabang, apakah ada pelayarannya, kami sebagai petugas koordinator Pelabuhan Ulee Lheue belum diberi tahu," ujar Fahrur.

Ia juga mengatakan, penumpang kapal yang mau berangkat ke Sabang dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, diberikan persyaratan dua pilihan, yaitu bagi yang belum divaksin Covid-19, ia wajib dilakukan swab antigen. Kalau tidak mau diswab antigen, ia harus divaksin pertama lebih dulu, baru bisa berangkat ke Sabang. (her)  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved