Breaking News:

Provinsi Inovatif

Jawa Tengah, Sumut dan NTB Provinsi Sangat Inovatif

Ia mengimbau agar pemerintah daerah segera melaporkan hasil inovasi di daerahnya. Sebab, peta persaingan antar pemerintah daerah terus berjalan secara

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
For Serambinews.com
Agus Fatoni 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Hasil sementara, sampai Sabtu (19/7/2021), Provinsi Jawa Tengah, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, tiga provinsi peringkat teratas dengan predikat daerah sangat inovatif.

Kepala Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni menyampaikan bahwa data tersebut masih bersifat sementara.

“Data ini terus bergerak. Karena tahapan penginputan masih berlangsung hingga Agustus 2021,” kata Fatoni di sela acara Sosialisasi Penilaian Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021, Rabu (21/7/2021).

Ia mengimbau agar pemerintah daerah segera melaporkan hasil inovasi di daerahnya. Sebab, peta persaingan antar pemerintah daerah terus berjalan secara kompetitif.

Fatoni meminta agar pemerintah daerah memperhatikan berbagai dokumen pendukung dari hasil inovasi yang dilaporkan. Selama ini banyak dari hasil inovasi yang disampaikan tidak dapat divalidasi karena kurangnya dokumen penyerta.

Selain itu, lanjut Fatoni, pemerintah daerah diminta agar memperhatikan syarat umum pelaporan hasil inovasi. Di antaranya, inovasi merupakan terobosan baru dan mengandung unsur kebaruan, baik keseluruhan maupun sebagian.

Tingkatkan Inovasi, Kemendagri Minta  Aceh Fokus Pada Enam Area

Pada penilaian indeks inovasi daerah Tahun 2021, inovasi yang disampaikan adalah inovasi yang dilaksanakan pada tahun 2019 dan Tahun 2020.

Ide dan gagasan inovasi bisa berasal dari Kepala Daerah, DPRD, OPD, ASN atau masayarakat. Serta pembiayaan inovasi daerah berasal dari APBD atau pembiayaan lain yang sah.

“Hasil pelaksanaan inovasi juga harus memberi dampak dan manfaat bagi daerah atau masyarakat secara berkelanjutan,” terang Fatoni.

Kemendagri Sosialisasi Penilaian Indeks Inovasi Daerah & Penghargaan IGA 2021

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved