Breaking News:

Tiga Ruko di Lambaro Terbakar

Tiga rumah toko (ruko) di pinggir Jalan Banda Aceh-Medan, Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat (23/7/2021) sekitar pukul 08.30 WIB

Editor: bakri
Dok BPBD Aceh Besar
Tiga Ruko terbakar di Pasar Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, Jumat (23/7/2021). 

JANTHO - Tiga rumah toko (ruko) di pinggir Jalan Banda Aceh-Medan, Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat (23/7/2021) sekitar pukul 08.30 WIB pagi, terbakar.

Ketiga ruko yang berada tepat di depan Masjid Jamik tersebut masing-masing milik Nasruddin (50) pemilik Toko Baju Lestari. Lalu Rumah Makan Aceh Spesial milik M Ali MZ (69) serta satu ruko kosong milik almarhum Rajali Ismail yang ikut terkena imbasnya dan mengalami kerusakan ringan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP didampingi petugas Pusdalops Maswani, mengatakan, begitu mendapat informasi kebakaran yang disampaikan Munzar, petugas pemadam yang sedang lepas piket dan berada di lokasi kejadian, personel pemadam kebakaran BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh Keumude langsung bergerak ke lokasi kejadian.

Lalu berkoordinasi dengan Pos Pemadam Kebakaran Peukan Bada, Pos Pemadam Khaju, Pos Pemadam Durung serta Pemadam Kebakaran DPKP Kota Banda Aceh untuk membantu penanganan kebakaran.

Pemadam BPBD Aceh Besar dalam penanganan musibah kebakaran ini mengerahkan 7 unit armada pemadam kebakaran dibantu satu armada dari DPKP Kota Banda Aceh serta berkekuatan 30 personel.

Maswani menerangkan api berhasil dipadaman petugas sekitar pukul 10.10 WIB, melibatkan Petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar, personel Polsek dan Koramil Ingin Jaya, petugas Dishub Aceh Besar, Dinas Sosial Aceh Besar, relawam RAPI dan masyarakat.

Maswani menambahkan ketiga ruko permanen yang terbakar itu berada di sisi jalan nasional. Untuk penyebab kebakaran ketiga ruko tersebut diduga berawal dari dapur toko baju Lestari. Namun untuk kepastiannya dalam penanganan pihak kepolisian.

Maswani juga menjelaskan Nasruddin pemilik Toko Baju Lestari beserta empat anggota keluarganya yang tinggal di ruko tersebut sempat terjebak di dalam bangunan tersebut.

Hal itu berawal saat Nasruddin, mencium bau menyengat, sehingga langsung turun ke lantai bawah. Ternyata Nasruddin melihat kumpulan asap serta api yang sudah membesar di bagian dapur. Seketika itu juga langsung naik lagi ke lantai atas untuk melakukan evakuasi mandiri beserta keluarganya dengan cara melompat ke bawah dibantu menggunakan tangga.

Namun, pada saat sedang melakukan evakuasi, warga melihat dan langsung menghentikan mobil boks yang sedang melintas. Mobil boks tersebut langsung diarahkan ke Toko baju Lestari untuk dinaikin anggota sekeluarga itu dan memudahkan evakuasi Nasruddin dan keluarganya. (as/mir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved