Breaking News:

ASN Kemenag Aceh Diminta Patuhi Protkes

Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kerjanya untuk mematuhi Surat Edaran

Editor: hasyim
SERAMBINEWS.COM/ DEDE ROSADI
Kepala Dinas Satpol PP dan WH Aceh Singkil, Ahmad Yani memberikan pengarahan kepada tim yang menggelar operasi yustisi penegakan disiplin Protkes, Rabu (16/6/2021) 

* Sesuai Surat Edaran Menag

BANDA ACEH - Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kerjanya untuk mematuhi Surat Edaran terbaru dari Menteri Agama RI terkait penerapan protokol kesehatan (Protkes), yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas, serta kegiatan keagamaan pada wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penerapan Protkes 5M dan Pembatasan kegiatan Peribadatan/Keagamaan di tempat ibadah pada masa PPKM Level 3 dan Level 4  Corona 2019 di wilayah Jawa dan Bali, serta masa perpanjangan PPKM Berbasis Mikro ini ditandatangani Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas pada 23 Juli 2021.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg, Minggu (25/7/2021) mengatakan, terbitnya edaran ini sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran  Covid-19 yang makin merebak hingga sekarang. "Penyebaran Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan dengan munculnya varian baru yang lebih berbahaya dan menular, kami instruksikan seluruh jajaran untuk menaati dan menjalankan aturan ini secara baik hingga tingkat desa," katanya.

Menurut Iqbal, hal ini dilakukan pemerintah dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan peribadatan atau keagamaan dan berbagai aktivitas lainnya.

Ia mengatakan, edaran tersebut sebagai ikhtiar lanjutan dalam sosialisasi Protokol Kesehatan 5M secara lebih ketat dan pengaturan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah yang berada di wilayah PPKM Level 3 dan 4, serta PPKM Mikro.

Karenanya, kata Iqbal, ASN Kemenag khususnya punya andil yang besar dalam melakukan penerapan ini dan melakukan sosialisasi yang masif ke masyarakat. Pihaknya juga giat update dan melakukan pendataan ASN yang terpapar Covid-19 seluruh Aceh sebagai upaya pencegahan lebih lanjut.

Ia berharap melalui surat edaran ini bisa menjadi panduan para pihak dan umat beragama dalam melaksanakan kegiatan peribadatan atau keagamaan di tempat ibadah pada masa PPKM Level 3 dan Level 4 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali serta PPKM Mikro.

“Jika kita abai salah satu dari protokol kesehatan terbaru, anda atau orang sekitar akan lebih berisiko terinfeksi virus corona. Alhasil, pandemi akan sulit berakhir, pastikan kita tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan kerja, rumah dan tempat ibadah,” jelas Iqbal.

"Kami mengajak seluruh masyarakat, para tokoh agama, kalangan pesantren dan ormas menerapkan 5M. Mari kita jalankan tugas melayani masyarakat dengan lebih baik, ditengah adanya ujian pandemi ini. Tetap terapkan Protkes 5M dimana saja kita berada, sembari berdoa musibah ini agar segera berakhir," tutupnya.(una)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved