Breaking News:

Opini

Senyum Bahagia Penerima Sapi Kurban Pemkab Bireuen

Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah/2021 Masehi ini terasa kurang semarak bagi sebagian orang, karena masih dalam kondisi pandemi

Editor: hasyim
Senyum Bahagia Penerima Sapi Kurban Pemkab Bireuen
IST
M. Zubair, S.H.,M.H. Kadis Komonikasi, Inforamatika dan Persandian Kabupaten Bireuen

Oleh. M. ZUBAIR, S.H., M.H.,

Kepala Diskominsa Pemkab Bireuen, melaporkan dari Bireuen

Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah/2021 Masehi ini terasa kurang semarak bagi sebagian orang, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Perasaan kurang lengkap suasana perayaan Iduladha kali ini, terutama sangat terasa bagi para pegawai pemerintahan dan perantau, karena tidak ada liburan sehingga tidak bisa pulang ke kampung untuk berkumpul bersama orang tua atau keluarga besar di kampung masing-masing.

Suasana batin yang kurang ceria dalam perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini harus diterima dengan lapang dada dan patut disyukuri karena masih bisa melaksanakan ibadah shalat Id dan dapat saling meminta maaf pada handai taulan serta berdoa agar wabah Covid-19 cepat dilenyapkan di Bumi Pertiwi ini.

Namun, suasana sedih tersebut seolah-olah terobati dengan senyum bahagia masyarakat yang menerima sapi-sapi kurban dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen. Sapi-sapi kurban yang merupakan sumbangan dari para Aparatur Sipil Negara (ANS) Pemkab Bireuen, pengusaha, PDAM, PLN, masyarakat, dan perusahaan Talisman Repsol, Primer Oil, serta Mubdala Protelium yang digabung dalam kurban Pemkab Bireuen berjumlah 32 ekor.

Sapi-sapi tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bireuen, Dr Muzakkar A Gani MSi bersama Sekda Ir Ibrahim Ahmad M.Si kepada imuem gampong di 22 desa dalam 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bireuen.

Penyerahan yang dilaksanakan selama dua hari, mulai Sabtu dan Minggu (17-18/7/2021) lalu itu dibagi dua tim yang masing-masing dipimpin langsung oleh bupati yang berkeliling ke wilayah timur dan Sekda dengan rute wilayah barat Kabupaten Bireuen serta didampingi kepala SKPK. Semua mereka berjalan khaki memasuki kampung-kampung sasaran yang telah ditetapkan.

Saat menyerahkan sapi kurban di wilayah timur dan barat Kabupaten Bireuen kepada imuem gampong, Bupati dan Sekda Bireuen mengucapkan akad penyerahan dengan menyebutkan nama-nama penyumbang sebanyak 7 orang untuk satu ekor sapi pada setiap desa penerima. 

Serah terima sapi kurban tersebut turut disaksikan oleh perangkat desa dan masyarakat setempat, mulai dari anak-anak sampai orang tua dengan rasa bahagia yang terpancar dari wajah-wajah mereka. Mereka harus dan bahagia terhadap kepedulian pemerintah, khususnya terhadap desa-desa miskin dan terpencil.

Kebahagiaan itu tidak saja dirasakan oleh masyarakat penerima, tetapi juga dirasakan oleh peyumbang dari kalangan ASN dan penyumbang lainnya karena telah dapat menjalankan perintah Allah Swt sebagaimana firman-Nya dalam Qur’an Surah Alkautsar ayat 2, yang artinya, “Maka kerjakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved