Breaking News:

Nakes Bakal Divaksin Dosis Ketiga

Sebanyak 4.000 tenaga kesehatan (nakes) Dinas Kesehatan Aceh Utara akan dilakukan penyuntikan kembali dengan vaksin dosis ketiga

Editor: bakri
For Serambinews.com
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin SKM 

LHOKSUKON – Sebanyak 4.000 tenaga kesehatan (nakes) Dinas Kesehatan Aceh Utara akan dilakukan penyuntikan kembali dengan vaksin dosis ketiga. Vaksinasi itu dilakukan terhadap nakes yang sudah melakukan penyuntikan tahap pertama, dan kedua pada awal Agustus 2021.

“Kita rencanakan vaksin dosis tiga ini dapat dilakukan pada awal Agustus mendatang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin SKM kepada Serambi, Senin (26/7/2021). Penyuntikan tahap ketiga itu diharuskan dilaksanakan berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI, yang diterima pada 24 Juli 2021.

Surat Edaran HK 02.01/I/1919/202 tentang vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh nakes, asisten fasilitas kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan. Surat ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan provinsi, kabupaten/kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan.

Menurut Amir, untuk melakukan penyuntikan vaksin ketiga tersebut, dirinya akan mengundang seluruh kepada puskesmas dan pustu pembantu untuk memberikan pengarahan. “Karena kita sudah mendapat informasi awal akan adanya penyuntikan dosis, kemarin juga sudah kita sampaikan ke kepala puskesmas,” katanya.

Sehingga, para kepala puskesmas atau nakes yang berada di 27 kecamatan sudah mengetahui informasi, dan sudah bisa mempersiapkan dirinya. Vaksinasi ketiga tersebut akan dilakukan terhadap nakes yang sudah vaksin tahap pertama dan kedua. Sebab, masih ada mereka yang belum divaksin pada tahap pertama.

Hal itu karena adanya riwayat penyakit stroke, kanker, jantung dan juga penyakit penyerta lainnya. Sedangkan untuk penyuntikan tahap kedua juga ada yang terkendala karena ada nakes yang sedang hamil. “Saat itu, ibu hamil tidak boleh divaksin. Kini, sudah aturan baru ibu hamil sudah dapat divaksin,” katanya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, pertimbangan dilakukan penyuntikan vaksin dosis tiga tersebut, karena ada SDM Kesehatan yang telah mendapatkan vaksinasi dua dosis lengkap. Namun, masih terinfeksi Covid-19. Selain itu, semakin meluasnya penyebaran Covid-19 di hampir seluruh provinsi.

“Pemberian vaksinasi moderna mRNA-1273 dengan dosis 0,5 mili, ketiga ini juga telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI),” ujar Amir mengutip isi surat edaran.

Pada bagian lagin, Kadiskes Aceh Utara juga menyebutkan, hingga kemarin pihaknya masih melakukan penyuntikan vaksin tahap pertama dan kedua kepada masyarakat serta berbagai elemen lainnya. “Jumlah yang sudah tervaksin di Aceh Utara dari pertama kita lakukan sampai hari ini, sudah mencapai 46 ribu orang,” katanya.

Jumlah tersebut, kata Amir berasal dari nakes, PNS, karyawan BUMN dan masyarakat. Untuk hari ini, pihaknya sedang melakukan penyuntikan terhadap karyawan perusahaan PTP Nusantara di Kecamatan Cot Girek yang juga diikuti masyarakat. “Target kami hari ini, sebanyak 300 orang di Cot Girek, tapi adanya gangguan internet,” pungkas Amir.(jaf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved