Breaking News:

Berita Abdya

Janjikan Keuntungan hingga Rp 100 Juta Per Bulan, Budidaya Udang Vaname di Abdya Terus Tumbuh

“Selain itu harganya yang cukup tinggi, ini alasan budidaya ini terus menjamur. Rata-rata, jika kita memiliki lahan 1 hektar, penghasilan bersih bisa

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Nurul Hayati
SERAMBINEWS.COM/ RAHMAT SAPUTRA
Kolam udang vaname menggunakan terpal atau bioflok berukuran 25x20 milik warga di Gampong Blangpadang, Kecamatan Tangan-Tangan, Jumat (30/7/2021). 

“Selain itu harganya yang cukup tinggi, ini alasan budidaya ini terus menjamur. Rata-rata, jika kita memiliki lahan 1 hektar, penghasilan bersih bisa mencapai Rp 40 juta hingga Rp 100 juta per bulan,” terangnya. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Jumlah pengusaha budidaya udang Vaname di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus tumbuh dan berkembang. 

Kepala DKP Abdya, Chalid Hardani SPi MSc mengatakan, budidaya udang Vaname dari hasil pendataan pihaknya semakin tumbuh dan berkembang. 

Dimana pemanfaatan lahannya sudah mencapai 837,71 haktare, dengan 37 kelompok petambak yang tersebar di 6 kecamatan yaitu di Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Susoh dan Kecamatan Kuala Batee.

“837,71 haktare potensi lahan air payau yang sudah dimanfaatkan itu belum tercatat secara keseluruhan di tahun 2021 ini. Sebab masih ada sejumlah kelompok budidaya udang lainnya yang hingga saat ini baru memulai, bahkan ada yang masih dalam proses pembentukan kelompok,” ujarnya.

Ia menyebutkan, produksi udang Vaname saat ini sedang berkembang secara pesat serta memiliki potensi yang sangat bagus.

Hal itu dibuktikan, dari potensi areal budidaya air payau di Abdya. 

Baca juga: Gandeng KKP, Anggota DPR RI Asal Aceh Ajak Petambak Abdya Fokus Budidaya Udang Vaname

“Keunggulan lainnya udang ini mudah beradaptasi dan kemungkinan udang mati sangat kecil. Sehingga memiliki prospek yang cukup baik untuk dibudidayakan,” katanya. 

Selain itu, sebutnya, udang Vaname juga memiliki laju pertumbuhan yang cepat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved