Breaking News:

Video

VIDEO - Melihat Peternakan Ayam di Gampong Bekas Markas GAM di Aceh Utara

Para mantan petinggi GAM telah menjadi pejabat di Aceh dan Aceh Utara, Gampong Seumirah masih tetap belum merdeka dari sisi insfrastruktur

Editor: m anshar

SERAMBINEWS.COM, ACEH UTARA - Gampong (Kampung) Seumirah adalah salah satu permukiman penduduk di pedalaman Aceh yang pada masa lalu menjadi markas Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Kala itu, Gampong Seumirah merupakan bagian dari Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara.

Tapi setelah pemekaran kecamatan, Gampong Seumirah kini berada di bawah administratif Kecamatan Nisam Antara.

Pada masa konflik Aceh sedang membara, Gampong Seumirah merupakan wilayah yang pernah menerapkan administrasi pemerintahan GAM.

Setelah Aceh penandatanganan MoU Helsinki 15 Agustus 2005, dan ketika para mantan petinggi GAM telah menjadi pejabat di Aceh dan Aceh Utara, Gampong Seumirah masih tetap belum merdeka dari sisi insfrastruktur, terutama kondisi jalan yang masih belum beraspal.

Tapi kali ini, warga Gampong Seumirah tak lagi mau pasrah dan menyerah pada keadaan yang ada.

Dana desa yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat, dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, serta memberantas kemiskinan yang kerap menjadi sumber konflik.

Memanfaatkan fasilitas apa yang ada untuk bangkit, perangkat dan warga Gampong Seumirah mengalokasikan dana desa untuk mengembangkan BUMG (Badan Usaha Milik Gampong).

Kini, BUMG Seumirah telah memiliki beberapa kegiatan, tapi yang paling besar adalah peternakan ayam boiler.

Berikut wawancara singkat Teuku Murdani, putra Nisam yang kini masih berstatus mahasiswa S-3 di Australia, dengan perangkat gampong yang terlibat dalam kegiatan BUMG Gampong Seumirah.

Narator: Ardiansyah

Video Editor: M Anshar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved