Breaking News:

UIN Ar-Raniry Gelar Kuliah Umum Internasional

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, menggelar kuliah umum

Editor: hasyim
IST
Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry 

BANDA ACEH - Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, menggelar kuliah umum dengan pakar-pakar dari Singapore dan Finlandia. Kuliah umum dengan pakar dari dua negara yang memiliki reputasi pendidikan yang sangat bagus (10 besar dunia berdasarkan PISA) dilaksakan secara inklusif dalam mata kuliah “English for Mathematics” di bawah koordinasi Drs Lukman Ibrahim MPd sebagai koordinator teaching team untuk mata kuliah tersebut.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr M Duskri MKes menyambut baik model kuliah tersebut dan bahkan sejalan dengan tuntutan kurikulum saat ini dimana mahasiswa tidak hanya mendengar kuliah, tetapi langsung dapat merasakan kegunaan mata kuliah yang sedang ditekuninya.

Fasilitator kuliah umum dengan Singapore dan Helsinki yang sekaligus anggota teaching team “English for Mathematics”. Dr Zulkifli MPd mangatakan, kuliah umum ini memberikan arti ganda, apalagi pakar dari kedua negara anggota OECD (organisasi negara-negara ekonomi kelas atas) itu memberikannya dengan gratis.

Makna ganda yang dimaksudkan adalah selain mendapat ilmu pengetahuan yang berkualitas dari mereka, kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu cara dalam membangun jaringan akademik di Perguruan Tinggi.

Dalam kuliah yang seharusnya hanya diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut, ini juga dimeriahkan oleh tamu-tamu akademik yang berminat dengan “Singapore Maths” seperi Dr Jarjani Usman (Dosen Bahasa Inggis UIN Ar-raniry), Dr Syarfuni MPd (Dosen Bahasa Inggris Universitas Getsempena), Muhammad Arief Naufauliansyah MSc (Dosen ITB), Dr Endang (Dosen PGSD UNJ) dan Muhammad Iqbal (Pengurus Yayasan Bina Insan Futura sekaligus guru SMA Modal Bangsa) dan beberapa akademisi lainnya.

Kuliah umum dengan pakar dari Singapore dilaksanakan pada Senin (2/8/2021) dengan pematerinya adalah Mr Farhat dan Mrs Mumtaz dari lembaga pendidikan Homecampus.

Sementara itu, kuliah umum untuk kelas yang sama juga sudah dilakukan pada 1 Juli 2021 yang lalu dengan pemateri dari Helsinki (Finlandia), Mr Makke Leppanen. Ia  mengulas tuntas matematika Finlandia yang juga sebuah sistem pembelajaran yang menggugah minat siswa untuk belajar serius dan bermakna. Mr Makke sendiri merupakan salah seorang yang aktif dalam dunia peningkatan kualitas pembelajaran matematika di negara yang memiliki Sistem Pendidikan terbaik di dunia ini.(una/rel)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved