Breaking News:

Berita Nasional

Siap-siap! Kartu Vaksin Covid-19 Bakal Jadi Syarat Akses ke Tempat Umum, Begini Penjelasan Luhut

Menurut Luhut, pemerintah sedang merencanakan untuk membuat kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat masyarakat untuk mengakses tempat umum.

Editor: Saifullah
kompas.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. 

SERAMBINEWS.COM, YOGYAKARTA – Pemerintah terus menggenjot vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum.

Bahkan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program tersebut, pemerintah berencana bakal menjadikan kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat untuk bisa mengakses tempat umum.

Rencana yang masih dalam wacana tersebut dimaksudkan agar semakin banyak masyarakat divaksin sehingga herd immunity Covid-19 secepatnya tercapai.

Rencana menjadikan kartu vaksin Covid-19 syarat ke tempat umum itu diwacanakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, pemerintah sedang merencanakan untuk membuat kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat masyarakat untuk mengakses tempat umum.

Penerapan kebijakan itu nantinya dilakukan secara bertahap, tidak secara serentak atau sekaligus.

Baca juga: Terpapar Covid-19 Sebelum Vaksin Dosis Kedua, Bagaimana Mengatasinya? Begini Penjelasan Aturannya

Baca juga: VIDEO - Stok Vaksin Habis, Polres Aceh Tamiang Tutup Semua Gerai Vaksinasi Presisi

Baca juga: Hendak Vaksin Tapi Belum Punya NIK, Segera Lapor ke Dinas Dukcapil Maupun Dinkes

"Sekarang kita mau pelan-pelan, orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin)," ujar Luhut usai memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (6/8/2021).

Kartu tanda divaksinasi Covid-19 itu disebut Luhut, juga bakal jadi syarat untuk masuk ke pusat perbelanjaan dan restoran.

"Jadi nanti kalian pergi ke restoran enggak pakai ini, tolak. Belanja enggak pakai ini, tolak. Karena ini demi keselamatan kita semua," tandasnya.

Adapun Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo juga mendorong penggunaan kartu vaksin sebagai syarat masyarakat untuk berkunjung ke tempat-tempat umum, salah satunya destinasi wisata.

 Kustini menyampaikan, sektor industri pariwisata hampir seluruhnya terdampak selama pandemi Covid-19.

Hal itu juga berdampak pada menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) yang selama ini banyak diperoleh dari kegiatan pariwisata.

"Ini (kartu vaksin) solusi untuk tempat wisata agar tidak kolaps," tegasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Ungkap Rencana Pemerintah Jadikan Kartu Vaksin Covid-19 Syarat ke Tempat Umum"

BERITA LAIN TENTANG VAKSIN COVID

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved