Breaking News:

Video

VIDEO - Arkeolog Turki Temukan Ratusan Granat Perang Dunia I di Lokasi Ilmuwan Islam Abad 12 M

Dalam keterangan lainnya, granat tangan yang ditemukan oleh tim mereka berada di daerah ulama Islam terkenal, Ismail Al-Jazari diketahui melakukan

SERAMBINEWS.COM, TURKI – Para arkeolog yang sedang menggali di kawasan Diyarbakir, Turki bagian Utara menemukan 782 granat tangan era Perang Dunia I, Jumat (6/8/2021).

Kawasan penemuan tersebut  merupakan pusat provinsi Diyarbakir, yang terletak di distrik Sur dan sering disebut Amida Mound, atau Amida Hoyuk.

Pemimpin ekskavasi, Profesor Irfan Yildiz dari Universitas Dicle, mengatakan timnya selalu mendapatkan penemuan baru setiap hari di kawasan tersebut.

"Setelah dua hari bekerja, semua granat berhasil dikumpulkan. Dan amunisi ini merupakan bagian dari kekuatan Ottoman dan Sekutu dalam Perang Dunia I," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa sumber granat berasal dari Kesultanan Ottoman, Inggris dan Jerman.

Dalam keterangan lainnya, granat tangan yang ditemukan oleh tim mereka berada di daerah ulama Islam terkenal, Ismail Al-Jazari diketahui melakukan studi ilmiah.

Ulama Al-Jazari, merupakan seorang ilmuwan Islam yang lahir pada abad ke-12 dan meninggal pada awal abad ke-13. Hasil penelitiannya menjadi dasar perkembangan ilmu sibernetika dan robotic. Selain itu, penemuannya juga telah mempengaruhi sistem mesin uap modern.

Yildiz juga menegaskan,  kawasan Diyarbakir adalah rumah peradaban seperti Hurri-Mitannis, Urartia, Asyur, Media, Persia, Tigran, Kerajaan Besar, Romawi, Sassanid, Bizantium, Umayyah, Abbasiyah, Safawi, Dinasti Ayyubiyah, Marwanid, Seljuk, Ottoman, dan Artuqids.

“Ini adalah pusat penting dalam Perang Dunia I, itu adalah markas Korps ke-13. Kami berpikir bahwa senjata yang tidak ingin dikirim setelah Gencatan Senjata Mudros (ditandatangani pada 30 Oktober 1918, mengikuti World Perang I) dikuburkan di sini dan senjata-senjata ini adalah senjata itu," tambahnya terkait penemuan mereka. (Anadolu Agency)

Video Editor: Syukrillah

Penemuan granat turki, granat perang dunia 1, kawasan Diyarbakir, 782 granat tangan, Ulama Ismail Al-Jazari

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved