Breaking News:

KPI Aceh Minta Dukungan Ulama

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Aceh (KPIA) periode 2021-2024 melakukan audiensi dengan unsur Pimpinan

Editor: hasyim
KPI Aceh Minta Dukungan Ulama
DOK SERAMBINEWS.COM
Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali

* Lahirkan Qanun Penyiaran Islam

BANDA ACEH - Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Aceh (KPIA) periode 2021-2024 melakukan audiensi dengan unsur Pimpinan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh yang dilaksanakan di ruang rapat MPU Aceh, Senin (9/8/2021). Audiensi tersebut bertujuan untuk meminta masukan dan dukungan dari ulama Aceh dalam mewujudkan lahirnya Qanun Penyiaran Islam Aceh yang diwacanakan oleh KPIA.

Ketua KPIA, Putri Nofriza menyampaikan, terkait kekhususan provinsi Aceh dengan syariat Islamnya, KPIA mewacanakan akan melahirkan Qanun Penyiaran Islam Aceh. Ia mengungkapkan pihaknya sejauh ini sudah melakukan pendekatan dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mewujudkan qanun tersebut.

“Sejauh yang telah kita lakukan adalah kita melakukan pendekatan di berbagai lintas strategis yang mungkin akan membantu kita untuk menggoalkan rencana kita yaitu Qanun Penyiaran Islam," jelasnya.

Koordinator Bidang Perizinan KPIA, T Zulkhairi menambahkan, sejauh ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Bappeda Aceh yang menurutnya mendapatkan respon yang positif terkait Qanun Aceh tersebut.

T  Zulkhairi menambahkan Qanun Penyiaran Islam Aceh ini adalah amanah dari Undang-undang Pemerintahan Aceh, dan juga tertuang dalam  Qanun Aceh tentang Pokok-pokok Syariat Islam yang mengamanahkan agar penyiaran di Aceh ini dilakukan secara islami.

Wacana lahirnya Qanun Penyiaran Islam Aceh ini, disambut baik oleh Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali. Menurutnya, MPU Aceh akan mendorong lembaga eksekutif dan legislatif untu melahirkan qanun tersebut.

“Beberapa hal yang sudah disampaikan, insya Allah MPU akan menindaklanjutinya sesuai dengan kewenangan MPU. Salah satunya yaitu kita akan mendorong eksekutif dan legislatif untuk melahirkan Qanun Penyiaran Islam di Aceh kita”, sebut Abu Faisal.

Ia berharap agar upaya mulia dari KPIA ini harus didukung, dan MPU siap untuk memberikan dukungan yang maksimal untuk melahirkan qanun ini. Menurutnya ini merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan Islam secara kaffah di Aceh dalam segala bentuk kehidupan, termasuk dalam konteks penyiaran.

Ketua MPU Aceh yang juga didampingi Wakil Ketua, Dr Tgk H Muhibbuththabary, MAg dan Tgk H Hasbi Albayuni ini  juga menambahkan sebagaimana wewenang MPU Aceh, memberikan  fatwa hukum baik diminta atau tidak, dan memberikan pandangan, pertimbangan serta taushiyah kepada Pemerintah. MPU Aceh akan mendorong upaya KPIA melahirkan Qanun Penyiaran Islam Aceh ini dengan menyampaikan pertimbangan secara tertulis kepada Pemerintah Aceh.

Turut hadir dalam audiensi ini, Kepala Sekretariat MPU Aceh, H Murni beserta jajarannya, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPIA, Faisal Ilyas, dan Anggota Bidang Pengawasan Isi Siaran, Akhyar.(una)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved