Breaking News:

PPKM

PAD Medan Turun Drastis Selama PPKM, Wali Kota Bobby: Sebenarnya Ekonomi Kita Sudah Mulai Tumbuh

"Ditambah lagi PPKM Level 4 diperpanjang tentu ada imbasnya, sampai dengan hari ini apakah diperpanjang tentunya imbas-imbas perekonomian...

Editor: Eddy Fitriadi
(TRIBUN MEDAN/HO)
Wali Kota Medan Bobby Nasution. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan bahwa penerapan PPKM itu sangat berimbas pada ekonomi masyarakat. 

SERAMBINEWS.COM - Selama Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga level 4, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan mengalami penurunan drastis.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan bahwa penerapan kebijakan itu sangat berimbas pada ekonomi masyarakat.

"Kita kemarin diskusi dengan Kepala BI Sumatra Utara, Kwartal II sebenarnya ekonomi kita sudah mulai tumbuh kemarin untuk Kota Medan. Namun ketika PPKM darurat dilaksanakan ini mulai turun," kata Bobby, Selasa (10/8/2021).

"Ditambah lagi PPKM Level 4 diperpanjang tentu ada imbasnya, sampai dengan hari ini apakah diperpanjang tentunya imbas-imbas perekonomian pasti ada," tambahnya.

Untuk itu, kata Bobby pihaknya membuat aturan para pedagang Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) diperbolehkan buka dan makan di tempat hingga pukul 21.00 WIB.

"Oleh karena itu hari ini kami buat, para pelaku usaha boleh buka sampai dengan jam 21.00 WIB. Namun prokesnya tetap dijaga," ungkapnya.

Ia mengatakan penerapan PPKM sebenarnya tidak bertujuan untuk menurunkan pendapatan pedagang khusus pelaku usaha kecil.

"Saya selalu sampaikan kita buat aturan ini untuk dilaksanakan agar bisa menekan Covid-19 bukan mau melarang-larang dan melihat masyarakat ini rugi usahanya tidak. Cuma bagaimana agar Covid-19 ini selesai. Kalau Covid ini selesai pergerakan ekonomi pun bisa normal seperti semula," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar menyampaikan adanya penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dalam dua tahun terakhir.

"Sedangkan kondisi 2 tahun belakangan ini mengalami kesulitan disebabkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak hiburan dan hotel sangat minim terkait permasalahan Covid-19," ujarnya.(cr14/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul "TERUNGKAP Pendapatan Kota Medan Selama Masa Penerapan PPKM Level 4 Turun Drastis, Ini Kata Wali Kota"

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved