Breaking News:

Raih Doktor

Asdiana, Mantan Polisi Syariah Raih Gelar Doktor dan Terbitkan Buku

Karya Dr Asdiana ini patut untuk kita apresiasi, kita hargai sebagai sebuah karya akademis. Semoga para pembaca dapat mengabarkan buku ini atau isi bu

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Buku bersampul merah karya Dr Asdiana dengan judul "Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kekeberen." 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Mantan petugas Wilayatul Hisbah (WH) atau Polisi Syariah pada Dinas Syariat Islam Aceh Tengah Dr Asdiana MA menulis buku " Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kekeberen."

Buku bersampul merah itu diterbitkan Mahara Publishing Jakarta 2021.

Dr Asdiana meraih gelar doktor dari UIN Sumatera Utara pada Januari 2020 lalu.

"Kekeberen" salah satu bentuk prosa dalam tradisi lisan di Gayo, yang dimanfaatkan sebagai media transformasi nilai dan pendidikan kepada generasi muda.

"Kekeberen" merupakan satu dari sepuluh sastra lisan yang ada dalam masyarakat Gayo. Masyarakat Gayo dikenal sebagai penganut agama Islam yang fatanik.

Seorang Dosen IAI Al Aziziyah Raih Gelar Doktor

Salah satu media pengenalan dan penguatan pendidikan Islam tadi adalah melalui kekeberen.

"Karya Dr Asdiana ini patut untuk kita apresiasi, kita hargai sebagai sebuah karya akademis. Semoga para pembaca dapat mengabarkan buku ini atau isi buku ini kepada yang belum sempat membacanya." Kata Dr Zulkarnain MAg, Rektor IAIN Takengon.

"Saya ingin merekamkan apresiasi personal saya terhadap penulis dan bukunya ini. Menurut saya, kemauan dan kesabaran adalah dua kualitas menonjol dalam diri Ibu Dr Asdiana MA. Saya percaya, itu pulalah yang telah mengantarnya ke tahap penerbitan buku ini. Patut diingat bahwa dalam Islam, setiap upaya diapresiasi: pertama-tama, karena upaya itu sendiri, lalu karena produknya, dan kemudian karena dampaknya. Dengan penerbitan buku ini, penulis jelas sudah mencapai yang pertama dan kedua. Adapun yang ketiga, tentu saja, akan terserah kepada khalayak pembaca. Mudah-mudahan karya ini berterima di kalangan pembaca. Mudah-mudahan pula buku ini akan segera disusul oleh karya-karya lainnya," komentar Prof Dr Hasan Asari MA dari program Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan.

Dosen IAI Al Aziziyah Samalanga Raih Gelar Doktor

Penyair LK Ara saat memberi pendapat tentang buku ini menyatakan, kekeberen merupakan salah satu jenis sastra lisan Gayo yang berkembang luas di masa lalu.

Kekeberen tak hanya menghibur, tetapi juga mendidik.

"Termasuk, nilai pendidikan Islam yang dibahas secara luas dalam buku ini," kata penyair senior ini.

Dr Asdiana MA lahir di Desa Bandar Lampahan 2 Mai 1982.

Buku yang diterbitkan itu merupakan disertasinya yang dipertahankan dalam sidang terbuka pada 22 Januari 2020.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved