Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Laka POM Aceh Selatan Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pangan Olahan

Acara yang berlangsung di Dian Rana Hotel, Tapaktuan ini dibuka langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Kamis (12/8/2021).

Penulis: Taufik Zass | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh melalui Loka POM Aceh Selatan menggelar kegiatan sosialisasi dan Pelatihan/Bimbingan Teknis (Bimtek) Pangan Olahan Tahun 2021 untuk pelaku usaha yang tersebar dalam Kabupaten Aceh Selatan. Acara yang berlangsung di Dian Rana Hotel Tapaktuan ini dibuka langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Kamis (12/8/2021). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh melalui Loka POM Aceh Selatan menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan/Bimbingan Teknis (Bimtek) Pangan Olahan Tahun 2021 untuk pelaku usaha yang tersebar dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Acara yang berlangsung di Dian Rana Hotel, Tapaktuan ini dibuka langsung oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, Kamis (12/8/2021).

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman para pegiat usaha, tentang cara registrasi pangan olahan serta mempercepat proses registrasi melalui konsultasi dan tatap muka antara pendaftar dengan petugas BPOM dengan demikian izin edar dapat langsung diterbitkan.

“Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan PP Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Usaha berbasis risiko, di mana konsep besar di dalamnya adalah kemudahan berusaha termasuk penerbitan izin edar,” papar Bupati Aceh Selatan

Hal tersebut, lanjut Tgk Amran, sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha agar memperlancar mendapatkan izin edar.

Dikarenakan tuntutan percepatan pemberian, transparansi dan kemudahan berusaha riil dilaksanakan, maka dalam konsep yang lebih besar lagi adalah langsung jemput bola.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Obat Herbal & Pelangsing Ternyata Berbahaya, Ini Obat yang Dilarang BPOM

“Artinya datang untuk memberikan desk, bagaimana persyaratan itu bisa dipenuhi serta mengedukasi para pelaku usaha UMKM untuk mengantongi izin resmi BPOM,” jelas bupati.

BPOM sebagai instansi resmi pemerintah yang bertugas untuk mengawasi produk obat dan makanan guna menjamin keamanan mutu dan kualitas  pangan olahan yang akan dikonsumsi masyarakat, maka lanjut Bupati Aceh Selatan, produsen pun harus menjamin makanan yang dikeluarkan itu aman, bermutu dan berkualitas untuk masyarakat.

“Melalui kegiatan sosialisasi dan desk registrasi jemput bola pangan olahan sangat efektif untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan menghapus stigma bahwa proses pengurusan izin itu sulit,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved