Breaking News:

Cincin Jadi Simbol Cinta Saat Lamaran, Begini Sejarahnya

Hal ini sudah berlangsung lama, maka tak heran, saat melamar seorang perempuan, biasanya calon suaminya memberikannya cincin sebagai komitmen cinta

Editor: Mursal Ismail
TWITTER @Mufaa6
Momen lamaran pasangan satu ini viral di media sosial, pasalnya momen yang sebelumnya telah romantis berubah jadi momen lucu, ketika cincin pertunangan terlempar ke laut. 

Hal ini sudah berlangsung lama, maka tak heran, saat melamar seorang perempuan, biasanya calon suaminya memberikannya cincin sebagai komitmen cinta mereka. 

SERAMBINEWS.COM - Cincin menjadi simbol cinta seseorang pada kekasihnya. 

Hal ini sudah berlangsung lama, maka tak heran, saat melamar seorang perempuan, biasanya calon suaminya memberikannya cincin sebagai komitmen cinta mereka. 

Tetapi tahukah kamu, sejak kapan memberi atau bertukar cincin jadi tradisi penting di momen sakral seperti pernikahan dan pertunangan? 

Penggunaan cincin untuk acara sakral baru muncul pada abad ke-9 Masehi, di mana pada tahun 850 Masehi, Paus Nicholas I dari Gereja Katolik Roma menyatakan cintanya melalui cincin emas yang diberikan kepada pasangannya.

Melansir American Gem Society, antropolog percaya tradisi ini berakar kebiasaan Bangsa Romawi di mana para istri mengenakan cincin untuk menunjukkan kepemilikan atas suami mereka.

Lantas, bagaimana dengan cincin berlian? Menurut seorang pakar berlian Darshan Gajiwala, cincin tunangan berbalut berlian baru pertama kali digunakan pada abad ke-15 Masehi di Austria. 

Pada tahun 1477, bangsawan Austria Archduke Maximillian memberikan cincin pertunangan dengan berlian pertama kalinya untuk Mary of Burgundy, tunangannya.

Peristiwa bersejarah ini memicu tren cincin berlian di kalangan bangsawan Eropa.

Kemudian, orang-orang dari era Victoria mempopulerkan desain cincin tunangan dengan ornamen, seringkali berbentuk bunga-bungaan, dan memadukan berlian tersebut dengan batu permata lainnya, logam mulia, dan enamel.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved