Breaking News:

Berita Banda Aceh

Peringati 16 Tahun Hari Damai Aceh, BRA Kembali Beri Sertifikat Lahan untuk Eks Kombatan

"Selama tahun 2019 sampai 2021 kami telah  melakukan sertifikasi dan menyerahkan 3.575 hektare lahan di Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie Jaya

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nur Nihayati
Dok Humas
Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, Iskandar menyerahkan sertifikat lahan kepada eks kombatan pada acara peringatan 16 tahun Hari Damai Aceh tahun 2021 di Gedung Serba Guna Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (15/8/2021). HUMAS PEMERINTAH ACEH 

"Selama tahun 2019 sampai 2021 kami telah  melakukan sertifikasi dan menyerahkan 3.575 hektare lahan di Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie Jaya

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Badan Reintegrasi Aceh (BRA) kembali menyerahkan sertifikat lahan untuk para eks kombatan sebagai program yang diamanatkan dalam MoU Helsinki.

Untuk tahun ini diserahkan kepada eks kombatan dari Aceh Utara yang diberikan pada peringatan 16 tahun Hari Damai Aceh tahun 2021 di Gedung Serba Guna Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (15/8/2021).

Ketua BRA Fakhrurrazi Yusuf dalam sambutannya mengatakan, pihaknya siap untuk terus menjalankan tugas dalam rangka mewujudkan reintegrasi Aceh dengan melakukan berbagai program untuk  keberlanjutan perdamaian dan membangun Aceh lebih baik lagi.

Salah satu program yang telah pihaknya lakukan, tambahnya, adalah memberikan lahan pertanian untuk mantan kombatan, tahanan politik dan korban konflik. Program tersebut, kata dia, sesuai dengan amanat MoU Helnsinki.

"Selama tahun 2019 sampai 2021 kami telah  melakukan sertifikasi dan menyerahkan 3.575 hektare lahan di Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie Jaya kepada mereka yang diamanatkan dalam MoU Helsinki," kata Fakhrurrazi.

Baca juga: Senin Besok, PM Malaysia Muhyiddin Yassin Ajukan Pengunduran Diri Kepada Raja, Ini Calon Pengganti?

Baca juga: Warga Minta Provinsi Perbaiki Jalan Tutut-Geumpang

Baca juga: Seret Nikita Mirzani, Dipo Latief Bakal Buka Lagi Kasus Penggelapan Mobil, Ada Fakta Bukti Baru

Ia mengatakan, untuk tahun depan pihaknya kembali akan menyerahkan 1.000 hektare lahan di Nagan Raya kepada mantan kombatan, tahanan politik dan korban konflik.

Bupati setempat telah menyediakan lahan tersebut.

Selain itu, kata Fakhrurazi, pada tahun 2021 ini BRA telah memberikan bantuan kepada 463 orang masyarakat Aceh yang terdampak konflik.

Pada tahun yang sama juga pihaknya menyerahkan bantuan sosial kepada 200 orang anak yatim.

Berbagai upaya merawat perdamaian Aceh terus dilakukan BRA. Fakhrurrazi menyampaikan, dalam tahun ini pihaknya gencar mensosialisasikan sejarah perdamaian dan konflik Aceh kepada siswa SMA dan SMP.

Hal tersebut dianggap penting agar generasi muda mengetahui sejarah dan menjadikan pelajaran untuk pembangunan Aceh.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat tanah kepada tujuh orang masyarakat terdampak konflik dan bantuan sosial kepada tujuh orang anak yatim.

Acara peringatan 16 tahun damai Aceh dilaksanakan secara sederhana dan hanya dihadiri Gubernur Aceh yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, Iskandar, Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin, Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil dan berbagai tokoh penting lainnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved