Breaking News:

Wakil Walikota Langsa Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-60

Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Langsa, Sabtu (14/8/2021) memimpin upacara

Editor: bakri
FOTO HUMAS PEMKO LANGSA
H Marzuki Hamid saat menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu sekolah. 

LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Langsa, Sabtu (14/8/2021) memimpin upacara hari Pramuka ke 60 tahun 2021 di halaman kantor Kwarcab Gerakan Pramuka setempat.

Upacara ini diikuti unsur Forkopimda, Pengurus Kwarcab, Ketua Kwartir ranting (Kwaran), Majelis Pembimbing ranting (Mabiran) se-kota Langsa, ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) peserta didik gugus depan MAN 2 Langsa dan SMAN 1 Langsa. Cut Bang Marzuki Hamid dalam arahannya, mengulas kembali sejarah singkat hadirnya gerakan Pramuka di Indonesia berdasarkan sambutan ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka pada peringatan hari Pramuka ke-60. Menurutnya, 14 Agustus 2021 merupakan hari yang disambut dengan suka cita oleh anggota Gerakan Pramuka karena organisasi kepramukaan genap berusia 60 tahun.

“Sekalipun sesungguhnya, gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60-an lalu kita tidak lagi terpecahpecah, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut gerakan Pramuka,” ujarnya. Namun, timpalnya, semangat kemerdekaan, membuat para Pramuka yang saat itu disebut pandu, ikut pula berperan wujudkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata masih terdapat cukup banyak organisasi kepramukaan di negara itu. Ia mengungkapkan, walaupun saat ini bergembira dapat mengikuti peringatan hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 tahun Gerakan Pramuka Pada saat ini, tetapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu membuat semua kita harus disiplin menahan diri prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi covid-19 itu. Kwarcab juga menyerahkan piagam penghargaan kepada gugus depan tergiat yang dipilih oleh Kwaran yaitu SDN 1, SDN 3, SDN 5, SDN 11, SDN 1 Paya Bujok Tunong, SDN Buket Rata, Min 2 Langsa, MIN 3 Langsa, Min Al-arsyiah, MTss MUQ, MTss MIM P, MTs 1 Langsa, SMPN 7, SMPN 2, MAN 2 dan MAS MUQ. (*/zb)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved