Breaking News:

Wanita RA Dirawat di Ruang Pinere Kesdam IM, Positif Covid-19 saat Hadiri Peringatan MoU Helsinki

Wanita berinisial RA (23), mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Banda Aceh yang positif Covid-19, saat menghadiri Peringatan MoU Helsinki

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas medis dari Rumah Sakit Kesdam Iskandar Muda (IM) melakukan swab antigen Covid-19 terhadap pengunjung yang menghadiri peringatan MoU Helsinki ke-16 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (15/8/2021). Pada tes sweb antigen itu petugas medis mendapati seorang wanita positif Covid-19 

BANDA ACEH - Wanita berinisial RA (23), mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Banda Aceh yang positif Covid-19, saat menghadiri Peringatan MoU Helsinki ke-16 di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, pada Minggu (15/8/2021) pagi, masih dirawat di Ruang Pinere Rumah Sakit Kesdam Iskandar Muda (IM).

Peringatan MoU Helsinki yang berlangsung di Gedung Serba Guna Lhong Raya itu dilaksanakan oleh Badan Reintegrasi Aceh (BRA). Diberitakan sebelumnya, wanita RA, asal Kabupaten Aceh Jaya ini positif Covid-19 setelah tim medis RS Kesdam IM yang ikut disiagakan di lokasi acara peringatan melakukan tes swab antigen terhadap gadis tersebut.

Swab antigen itu dilakukan karena RA belum pernah mendapatkan vaksinasi serta tidak dapat menunjukkan sertifikatnya, sehingga wajib bagi setiap pengunjung yang belum divaksin di swab antigen Covid-19, termasuk RA.

Setelah dilakukan swab antigen Covid-19, petugas pun mendapatkan hasil tes RA reaktif atau positif, sehingga mahasiswi inipun diminta dibawa ke ke RS Kesdam IM untuk mendapatkan perawatan dan penanganan lebih lanjut. Gadis ini akhirnya dievakuasi menggunakan ambulance PSC Kesdam IM dan dibawa ke rumah sakit milik TNI tersebut. 

Dandim 0101/Aceh Besar, Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, SSos, MSi yang dihubungi Serambi saat itu serta terlihat berjaga di acara peringatan MoU Helsinki ke-16, membenarkan ada seorang wanita yang ikut menghadiri acara peringatan itu positif Covid-19.

Bahkan, ungkap Kolonel Abdul Razak, dirinya memanggil langsung nama RA melalui pengeras suara, karena, setelah dilakukan tes swab antigen itu gadis tersebut sempat berlalu pergi masuk ke lokasi acara peringatan berlangsung.

Dandim 0101/Aceh Besar ini juga menerangkan bahwa pada saat kegiatan tersebut pihaknya juga sangat memperketat protokol kesehatan dan ikut memeriksa sertifikat vaksin bagi setiap tamu yang datang. Kemudian pemeriksaan swab antigen akan dilakukan bagi yang belum pernah mendapatkan vaksin.

Hal dimaksud, tegas Dandim 0101/Aceh Besar ini untuk menghindari resiko terpapar Covid-19 dan munculnya kluster baru. 

"Karena sama-sama kita tahu Banda Aceh saat ini berada di zona tidak nyaman, yakni zona merah level 4. Berdasarkan Instruksi Mendagri, Pergub dan Perwal seharusnya kegiatan yang mengumpulkan massa tidak bisa dilaksanakan dan harus dihindari," tegas Dandim 0101/Aceh Besar, Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, SSos MSi.

Peringatan MoU Helsinki ke-16 di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya tersebut juga ikut mendapat pengawalan personel Kodim 0101/Aceh Besar, Polresta Banda Aceh serta petugas kesehatan dari Kesdam IM, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Aceh serta Diskes Provinsi Aceh.(mir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved