Breaking News:

Sawit Rakyat

Tepis Isu Negatif, Mursil Tinjau Pelaksanaan Peremajaan Sawit Rakyat

Efek domino dari program ini ialah berdirinya beberapa penangkaran bibit kelapa sawit yang telah menyedot puluhan tenaga kerja.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/RAHMAD WIGUNA
Bupati Aceh Tamiang, Mursil bersama sejumlah anggota DPRK dan pengurus koperasi pelaksana PSR saat meninjau pelaksanaan replanting di Kampung Selamat. 

Laporan Rahmad WIguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Bupati Aceh Tamiang, Mursil meninjau lokasi pengerjaan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk memastikan program strategis nasional ini berjalan sesuai aturan.

Peninjauan ini dilakukan Mursil dalam sepekan terakhir dengan melibatkan masyarakat pemilik lahan dan koperasi pelaksana PSR.

Salah satu kawasan yang ditinjaunya berada Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun yang saat ini mulai memasuki tahapan pembersihan lahan.

Dalam kunjungan itu, Mursil mencoba meyakinkan masyarakat agar tidak ragu mengikuti program PSR karena konsep pengerjaan dan anggarannya telah disediakan.

“Kita tidak tahu mengapa PSR ini selalu diisukan negatif sehingga masyarakat enggan mendaftarkan lahannya, padahal ini sangat bagus untuk masyarakat dan anggarannya dijamin ada,” kata Mursil, Kamis (19/8/2021).

Mursil mengaku terpaksa menemui satu per satu kelompok masyarakat untuk meyakinkan mereka mengenai sisi positif PSR.

Baca juga: Perampok Pura-pura Jadi Penumpang di Sunggal, Tusuk Sopir Nyaris Tewas, Polisi Tembak Kaki Pelaku

Baca juga: Kemenangan Taliban di Afghanistan, Dinilai Sebagai Memudarnya Kekuatan Militer AS

Diakuinya pada tahun pertama pengerjaan memang terjadi sedikit hambatan karena salah satu koperasi pelaksana salah memperhitungkan kebutuhan bibit sawit.

“Tahun pertama iya, karena koperasinya terus membersihkan lahan tanpa memperhatikan ketersediaan bibit. Hari ini, semua koperasi sudah belajar dari kesalahan itu,” jelasnya.

Dalam kunjungannya di Kampung Selamat, Mursil sempat berdialog untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan hambatan yang dialami koperasi pelaksana dalam melakukan tahapan-tahapan peremajaan sawit.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved