Breaking News:

Tiga Pasien Covid-19 Meninggal dalam Semalam

Dari belasan pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang dirawat di RSU Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, tiga diantaranya meninggal

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Humas RSU Cut Meutia Aceh Utara, Jalaluddin MKes 

LHOKSUKON – Dari belasan pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang dirawat di RSU Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, tiga diantaranya meninggal pada Rabu (18/8/2021) malam dalam waktu yang berdekatan. Ketiga pasien yang meninggal tersebut berada dalam ruangan Respiratory Intensive Care Unit (RICU).

Ketiga pasien itu CM (57) janda asal Desa Meunasah Alue, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Ia meninggal pada Kamis (19/8/2021) sekira pukul 00.15 WIB. Lalu, ND (63) asal Desa Weu Baroh, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe meninggal pada pukul 19.20 WIB. Sedangkan satu lagi, TY (41), warga Desa Buket Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara meninggal pada pukul 21.20 WIB.

Informasi yang diperoleh Serambi, TY pada 15 Agustus 2021 sudah menjalani swab antigen di klinik kawasan Lhoksukon dengan hasil positif. Begitu juga dengan pasien ND sudah menjalani pemeriksaan antigen di Laboratorium Patologi Klinik RSUCM pada 17 Agustus 2021 dengan hasil positif.

“Selain positif Corona, dua pasien tersebut memiliki penyakit penyerta lainnya yaitu diabetes melitus,” ungkap Humas RSU Cut Meutia Aceh Utara, Jalaluddin MKes kepada Serambi, Kamis (19/8). Sedangkan khusus pasien CM memiliki penyakit penyerta yakni gagal ginjal.

Pasien CM tersebut juga sudah dua kali menjalani pengambilan sampel untuk uji swab. Pengujian sampel pertama pada 29 Juli 2021 di Balai Litbangkes Aceh. Dari hasil pada 3 Agustus 2021 yaitu, positif. Lalu, pengambilan sampel kedua pada 10 Agustus 2021 dan keluar hasil pada 12 Agustus 2021 dari Balai Litbangkes juga dengan hasil positif.

“Setelah meninggal, petugas langsung mempersiapkan protkes terhadap ketiga jenazah. Semalam pasien asal Buket Hagu sudah diantar petugas untuk diserahkan kepada satgas,” ujar Jalaluddin. Sedangkan dua pasien lagi asal Lhokseumawe baru diantar petugas pada Kamis (19/8/2021) pagi setelah dilaksanakan protkes.

“Memang semalam ada keluarga dari salah satu pasien tersebut yang datang ke rumah sakit meminta untuk membawa pulang jenazah pasien. Namun, setelah dijelaskan dengan kondisi pasien, sehingga pihak keluarga bisa memahaminya,” pungkas Jalaluddin.

Pada bagian lain, Humas RSU Cut Meutia Aceh Utara, Jalaluddin Mkes menyebutkan, dari mulai ditetapkan wabah corona sebagai bencana nasional pada 14 Maret 2020 oleh Presiden RI Joko Widodo, jumlah pasien yang dirawat dalam ruangan Pinere dan RICU sampai Kamis (19/8/2021) mencapai 505 orang.

Dari jumlah itu, jumlah yang sudah meninggal mencapai 91 orang. “RSUCM memiliki 25 tempat tidur dalam ruangan Pinere dan RICU. Saat ini, jumlah tempat tidur yang tersisa delapan lagi,” kata Jalaluddin. Artinya, jumlah pasien yang masih membutuhkan perawatan mencapai 17 orang. Di mana ruang Pinere atau isolasi sebanyak 11 orang, dan di RICU terdapat enam pasien.(jaf)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved