Breaking News:

Mendagri Ajak Ormas Bergandengan Tangan Hadapi Pandemi dan Dampaknya

Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) dan seluruh elemen masyarakat untuk bergandengan tangan

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Mendagri Muhammad Tito Karnavian pada Expo Ormas 2021 

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) dan seluruh elemen masyarakat untuk bergandengan tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, beserta dampak turunannya.

Ia menyadari, pandemi Covid-19 yang merupakan wabah di sektor kesehatan telah merambah dan menimbulkan krisis di bidang lainnya, seperti ekonomi, keuangan dan sosial. Menurutnya, hal ini harus dihadapi dan ditangani secara bersama.

“Di tengah tantangan global, semua negara, termasuk negara kita, (yakni) pandemi Covid-19, kita kembali merapatkan, memperkuat kebersamaan, solidaritas kita dalam rangka menekan dan mengendalikan pandemi Covid-19,” katanya dalam Ormas Expo Tahun 2021 dengan tema “Peran Organisasi  Kemasyarakatan Dalam Pemulihan Ekonomi  Nasional  dan Penanganan Pandemi Covid-19,” Senin (23/8/2021).

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Naik Rp 7.000, Berikut Rincian Harga Emas Per Gram, Selasa 24 Agustus 2021

Mendagri mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan krisis multidimensi dan pandemi terluas dalam sejarah umat manusia yang belum pernah dihadapi bangsa Indonesia sejak merdeka.

Krisis kesehatan ini juga menimbulkan efek domino pada sektor lain yang perlu dihadapi secara bersama, baik itu pemerintah maupun nonpemerintah.

Ia juga mengatakan, sejarah mencatat, berkat kebersamaan, bangsa Indonesia telah mampu mempertahankan kemerdekaan hingga di usianya 76 tahun dan berhasil melewati berbagai tantangan yang ada.

“Kita perlu bergandengan tangan membangun kekuatan dan kebersamaan, bangsa kita berdiri karena kebersamaan, kita masih tetap bisa survive dan mencapai 76 tahun karena kebersamaan kita, pemerintah dan nonpemerintah, semua elemen bangsa,” tuturnya.

Menurut Mendagri, dalam sistem negara demokrasi, pemerintah bukanlah satu-satunya yang memiki peran dominan dalam melaksanakan pembangunan.

Baca juga: Ayah Cut Meyriska Meninggal Dunia Dini Hari Tadi, Roger Danuarta Sampaikan Permohonan Maaf

Sebaliknya, sistem demokrasi mengamanatkan adanya kekuasaan di tangan rakyat dengan diberikannya hak dan jaminan untuk mengemukakan pendapat, berserikat, dan berkumpul, salah satunya dengan diberikannya ruang untuk dibentuk organisasi kemasayarakatan atau ormas.

Keberadaan ormas ini juga diharapkan dapat mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh stakeholder bangsa dalam mempercepat pembangunan, termasuk berperan dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

“Dengan adanya Ormas Expo 2021 yang saat ini melibatkan 20 ormas, saya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi, kita memberikan kontribusi mungkin kecil tapi dapat memberikan makna yang besar, men-trigger ormas lain yang jumlahnya ribuan untuk semuanya bangkit sesuai dengan bidang tugas masing-masing untuk membantu mengendalikan pandemi,” pungkasnya.(*)

Baca juga: Rombongan Brimob Diserang di Papua, Ini Personel yang Kena Peluru Dalam Baku Tembak di Yahukimo

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved