Breaking News:

Dana Desa

Penyaluran Dana Desa di Aceh Sudah Capai Rp 3,042 Trilliun

Zul Husni mengungkapkan, sampai bulan Agustus 2021 ini, penyaluran dana desa sudah sampai tahap ke III.Jumlah desa yang telah mencairkan baru sebanyak

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
Kemendes
BLT dana desa 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh menyatakan, dana desa yang sudah dicairkan dan dimanfaatkan pemerintahan desa/gampong untuk pelaksanaan pembangunan desa/gampong, sampai posisi 25 Agustus 2021 ini sudah mencapai Rp 3,042 trilliun, dari pagu yang diberikan pusat pada tahun ini untuk Aceh senilai Rp 4,986 trilliun.

“Dana desa yang telah dicairkan tersebut, termasuk yang digunakan untuk penyaluran dana BLT di Gampong/Desa Rp 300.000/KK,” kata Kepala DPMG Aceh Dr Ir Zulkifli M.Si melalui Kabid Peberdayaan Ekonomi Masyarakat Gampong, Zul Husni kepada Serambi, Kamis (26/8/2021) di Banda Aceh.

Zul Husni mengungkapkan, sampai bulan Agustus 2021 ini, penyaluran dana desa sudah sampai tahap ke III.Jumlah desa yang telah mencairkan baru sebanyak 251 desa dari tujuh kabupaten/kota.

Sementara jumlah desa/gampong di Aceh dari 23 Kabupaten/Kota sebanyak 6.497 gampong.

Baca juga: Pria Afghanistan Dihukum 10 Bulan Penjara, Melanggar Pengawasan Usai Dievakuasi dari Kabul

Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Gampong DPMG Aceh itu, menghimbau kepada desa/gampong yang belum mengusulkan pencairan dana desa tahap III nya, segera diusul, setelah pelaksanaan kegiatan pencairan dana desa tahap II nya di laksanakan dan dibuat laporan pertanggung jawabannya.

Menurut laporan progres penyaluran dana desa tahap II yang masuk dari kabupaten/kota ke provinsi, sebut Zul Husni, baru dua daerah yang seluruh gampong (desa) nya sudah menarik dana desa tahap II yaitu Kota Banda Aceh dan Aceh Tamiang.

Daerah lainnya masih banyak gampong/desanya belum menarik dana desa tahap II.

Bahkan ada beberapa daerah, penarikan dana desa tahap II baru sedikit.

Misalnya Kabupaten Simeulue, yang baru menarik dana desa tahap II nya 4 gampong, dari 138 gampong yang ada di pulau tersebut.

Baca juga: Ditlantas Polda Aceh Beri SIM Gratis untuk Guru Dayah

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved