Breaking News:

Berita Pidie Jaya

Bekali Bimtek Santri Tani Hingga Tinjau Saluran Irigasi yang Bermanfaat Untuk Petani di Pidie Jaya

kunjungan ke Pidie Jaya (Pijay) berupa peninjauan saluran irigasi serta membekali Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para santri

Penulis: Idris Ismail | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota DPR RI asal Aceh, H Irmawan MM (kanan) meninjau secara langsung saluran irigasi di areal persawahan warga Gampong Genteng dan Kukam, Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya, Kamis (26/8/2021) petang 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Aceh,  H Irmawan SSos MM, sampai Kamis (26/8/2021) petang melakukan serangkaian kunjungan ke Pidie Jaya (Pijay) berupa peninjauan saluran irigasi serta membekali Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para santri.

"Kunjungan saya untuk tujuh kalinya di Pijay ini selain membuka acara Bimtek penyuluhan bagi petani milenial, yaitu santri tani  serta petani perkebunan,"sebut Irmawan kepada Serambinews.com, Jumat (27/8/2021). 

Ia mengakui kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian RI bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Kendati demikian ketua partai PKB Aceh itu juga turut meluangkan waktu secara khusus menjenguk sejumlah titik pembangunan saluran irigasi di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Meurah Dua dan Ulim yang diajukan lewat program Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dari  Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Baca juga: Kasus Penipuan Catut Nama Pejabat Kejaksaan, Kajari Aceh Singkil: Pelakunya Masih Dilacak

"Saya ingin memastikan pembangunan irigasi yang diajukan alokasi dana beberapa tahun lalu apakah benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh petani.

Sehingga fasilitas ini benar-benar melahirkan manfaat bagi peningkatan produktivitas hasil pertanian," jelasnya. 

Menurut H Irmawan, sektor pertanian merupakan urat nadi perekonomian bangsa Indonesia dan Aceh khususnya baik di Pidie maupun Pijay sebagai lambung padinya di provinsi paling Barat Indonesia. 

Baca juga: Petani Pidie Terima Bantuan Hand Sprayer Elektrik

Karenanya tanpa sektor pertanian sebagai penyangga ketahanan pangan utama, maka negara ini akan lumpuh roda perekonomian.

Jadi, sebagai peran besar ini, pihaknya telah memprogramkan peningkatan infrastruktur pembangunan saluran di irigasi di berbagai provinsi, termasuk Pijay dan beberapa kabupaten lainnya di Aceh pada umumnya.

Dalam Kunjungan ini turut didampingi Anggota DPRK Pidie Jaya, H Heri Ahmady yang juga Ketua PKB Pidie Jaya, Ketua kelompok tani P3A Desa Meunasah Geuteng, Menasah Kulam dan para perangkat gampong. (*)

Baca juga: Harga Emas Hari Ini, Jumat (27/8/2021), Ini Rincian Harga Emas Per Gram

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved