Breaking News:

Kantor Pertanahan Aceh Besar Gelar Rakor GTRA

Kantor Pertanahan Aceh Besar, Rabu (25/8/2021), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Aceh Besar

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Kantor Pertanahan Aceh Besar menggelar Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Aceh Besar, di Hotel The Pade, Rabu (25/8/2021). 

JANTHO - Kantor Pertanahan Aceh Besar, Rabu (25/8/2021), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kabupaten Aceh Besar, di Hotel The Pade. Rakor GTRA tersebut dibuka Bupati Aceh Besar yang diwakili Sekretaris Daerah Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi.

Sekda Sulaimi mengapresiasi Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar yang telah menyelenggarakan Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria. Karena, kata Sekda, pembangunan yang ada di Aceh Besar tidak bisa dipegang oleh satu instansi saja. “Dengan adanya GTRA ini pembangunan reforma agraria akan lebih berkembang pesat. Ini merupakan kerja sama lintas instansi,” tandasnya.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar selaku Ketua Pelaksana Harian GTRA Kabupaten Aceh Besar, Agusman APtnh, menjelaskan, rapat koordinasi ini merupakan serangkaian kegiatan Penangan Akses GTRA Kabupaten Aceh Besar. “Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan menyamakan langkah dalam pembangunan Reforma Agraria di Aceh Besar,” ujarnya.

Rakor GTRA tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yang berasal dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh yang diwakili Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan, Akhya Tarfi SSiT, yang membahas soal Reforma Agraria dan lahan untuk mantan kombatan GAM. Sementara Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XVIII Provinsi Aceh, Toto Prabowo SHut MSi. memaparkan tentang tata cara dan proses dalam pelepasan kawasan hutan yang sudah dikuasai oleh masyarakat di Aceh Besar. Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jakfar SP memberi materi tentang pemberdayaan pertanian. Kadistan juga mengingatkan peserta rakor tentang suksesnya pemberdayaan lahan jagung di Lamteuba pada lahan bekas ganja.

Di mana pemberdayaan lahan itu dimotori Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Rakor ditutup dengan penyerahan proposal pemberdayaan oleh Kelompok Ttani Buklat Desa Sukadamai, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, kepada Dinas Pertanian setempat. Desa Sukadamai merupakan lokasi pilot project pemberdayaan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar untuk tahun 2021 dengan jahe sebagai komoditinya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved