Breaking News:

Berita Aceh Selatan

T Sukandi: Saat Ini Aceh Selatan Tidak Butuh Wabup

Biaya rumah tangga dan operasinal per tahun untuk seorang Wabup tidak sedikit, padahal keadaan keuangan daerah Aceh Selatan sedang sulit.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
T Sukandi, Tim Azam 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan 

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Tokoh masyarakat Aceh Selatan yang juga salah seorang tim pemenangan H Azwir - Amran (Azam), Teuku Sukandi menilai bahwa pada saat sekarang ini Aceh Selatan tidak membutuhkan Wabup lagi.

Hal itu disampaikannya menanggapi berita Serambinews.com, edisi Senin 30 Agustus 2021, dengan judul "Lebih Setahun Kepemimpinan Bupati Tgk Amran, Posisi Wabup Belum Terisi,".

"Alasan logika dan rasionalnya adalah bahwa, berapa anggaran pertahunnya untuk seorang Wabup dari biaya rumah tangga dan operasinal tidak sedikit, padahal keadaan keuangan daerah Aceh Selatan sedang sulit. sementara TC, TPP dan TBK sudah tidak dapat terbayarkan lagi," ungkap T Sukandi, Selasa (31/08/2021) malam.

Menurut T Sukandi, proses pencalonan Wabup mesti mendapat Rekomendasi Partai Pengusung dan proses rekomendasi itu tidak dapat diputuskan oleh Pengurus Partai di tingkat daerah tapi hal itu mesti mendapat persetujuan Ketua umum Partai di Jakarta.

"Maka dengan alasan itu pasti pengurus Partai di daerah akan meminta mahar sebagai biaya konsultasi kejenjang pengurus partai yang lebih tinggi dan lebih berwenang," ungkapnya.

Selanjudnya, tambah T Sukandi, proses pemilihan setelah didapat sekurang-kurangnya dua calon Wabup yang Legitimit maka dilakukan rapat Paripurna di DPRK Aceh Selatan untuk pemilihan Wabup yang baru tentu dan dalam hal pemilihan ini Adigiumnya adalah 'tidak ada makan siang yang gratis,'.

"Dampak paling ironis lainnya adalah akan lahir nepolitis baru dari Wabup yang baru karena tentu ada Rimses yang selalu menempel Wabup dan tentu para Tim ini selalu saja berharap supaya Wabup mengingat jasa dan budi yang telah mereka berikan, maka yang ada adalah perpecahan antar kelompok Bupati dengan orang Wabup yang baru terpilih," ungkapnya.

Baca juga: Gadis 20 Tahun Dirudapaksa Pria 47 Tahun, Pelaku Ngaku Bisa Sembuhkan Penyakit

Baca juga: Dua Pria Mesir Menculik Bocah Delapan Tahun di Depan Ibunya, Polisi Masih Selidiki Motif Pelaku

Padahal, lanjut T Sukandi, Gubernur Aceh saja sampai hari ini tidak ada Wakil Gubernurnya. Sehingga, tambahnya, yang penting dari semua itu adalah Sekda defenitif yang cakap dan tepat segera di dapatkan untuk membantu Bupati dalam melaksanakan tugas -tugas Pemerintahannya.

"Dan saya percaya Tgk Amran sebagai Bupati Aceh Selatan akan dapat menyelesaikan kewajibannya dengan baik sampai Priode jabatan Bupatinya berakhir," papar T Sukandi.

Pada kesempatan itu, T Sukandi juga menyampaikan pandangannya supaya TC, TBK dan TPP dapat terpenuhi serta tunjangan Guru terpencil dapat terbayarkan dia berharap Anggota DPRK Aceh Selatan untuk dapat mendorong Anggaran yang cukup itu dapat terealisasi dengan baik.

"Karena bila tidak kinerja dan disiplin Pegawai Negeri Sipil akan menurun akibatnya pelayanan kepentingan masyarakatpun akan terabaikan apa lagi keadaan sekarang ini, ATK bahagian serta bidang di setiap SKPK tidak tercukupi," ulasnya.

Baca juga: Pengusaha dan Istrinya Disekap di Hotel Depok, Diduga Terkait Uang Rp73 Miliar, Polisi Buru 5 Pelaku

Baca juga: Jaksa Tangkap Buronan Korupsi Dana KUR Rp 41 Miliar di Jakarta

Akibat krisis ini, lanjutnya Indek Kemampuan Keuangan Daerah (IKKD) semakin anjlok apalagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Aceh Selatan dari hasil rapat evaluasi PAD antara SKPK dengan DPRK bahwa realisasinya sudah memasuki Kwartal ketiga masih kurang dari 50% dari yang di estimasi atau yang ditargetkan.

"Maka dengan alasan dan uraian diatas saya berpendapat bahwa bila keberdaan Wabup dipaksakan maka, Wabup hanya akan menjadi beban APBK saja dengan kata lain Wabup hanya menjadi Paraait atau benalu Anggaran saja," pungkas T Sukandi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved