Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Aceh Jaya Bentuk Satgas Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan

Badan Penanggulan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya membentuk Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Aula Hotel Pantai Barat, Rabu, (1/9/2021

Penulis: Riski Bintang | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Rapat koordinasi pembentukan Satgas penanggulangan bencana Karhutla di Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (1/9/2021) 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Badan Penanggulan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya membentuk Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Aula Hotel Pantai Barat, Rabu, (1/9/2021)

Kepala pelaksana Badan Penanggulan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Fajri mengatakan, pembentukan satgas karhutla ini bertujuan untuk memantau, melaksanakan pencegahan dan penanganan terhadap bencana karhutla di wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Untuk itu, pihaknya terus bersinergi dengan TNI/Polri dan mengaktifkan posko bencana karhutla di tingkat kecamatan dalam wilayah setempat.

"Kami akan mengaktifkan semua posko di setiap kecamatan dan memaksimalkan peran anggota damkar, Babinsa, Babinkamtibmas, dalam pengawasan di wilayah masing-masing," kata Fajri saat rapat koordinasi pembentukan satgas karhutla.

Baca juga: Ungkap Pelaku Pembunuhan Gajah, 17 Personel Polres Aceh Timur Peroleh Penghargaan

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB diwakili Seketaris Daerah Mustafa mengungkapkan berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 364/3940/SJ tentang kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla.

Pemkab Aceh Jaya menginstruksikan BPBK untuk bersinergi dengan TNI-Polri dan mengaktifkan posko bencana di setiap kecamatan melakukan pemantauan dan pencegahan serta penanggulangan setiap bencana yang terjadi.

"Kami instruksikan kepada badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Aceh Jaya agar dapat mengaktifkan posko bencana Karhutla dan terus bersinergi dengan TNI-Polri untuk memantau dan melaksanakan pencegahan, penanggulangan dan penanganan bencana karhutla," pintanya.

Baca juga: Hari Ini, Aceh Tamiang Kembali Berlakukan Jam Malam, Polisi Siap Mengawasi

Selain itu, Mustafa meminta pelaku pembakaran hutan dan lahan di tindak sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku dan melaporkan penanggulangan bencana karhutla secara berkala setiap bulannya.

Ia berharap, semua pihak ikut peran aktif dalam mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat demi meminimalisir potensi dan jumlah kebakaran.

"Melalui sosialisasi kepada masyarakat, kami yakin langkah itu dapat mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Jaya." Demikian pungkasnya.

Ikut hadir Sekda Aceh Jaya, kasi pidum Kajari Aceh Jaya, pasi ops kodim 0114/Aceh Jaya, Kabag ops Polres Aceh Jaya, Danki Brimob Aceh Jaya, Danki senapan C, kepala SKPK dan para camat.(*)

Baca juga: Update Covid-19 di Kota Langsa, Total 82 Meninggal, 83 Positif

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved