Breaking News:

Tim PON Aceh Pilih Jatim Latihan Sebelum ke Papua

Sebulan menjelang dilaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, tim sepakbola Aceh memutuskan pindah latihan ke Surabaya

Editor: bakri
FOTO KIRIMAN BOYHAKI
Tim Sepakbola PON Aceh foto bersama pengurus KONI Aceh seusai acara pelepasan ke Jawa Timur, Selasa (31/8/2021). 

BANDA ACEH - Sebulan menjelang dilaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, tim sepakbola Aceh memutuskan pindah latihan ke Surabaya, Jawa Timur.

“Kecuali memantapkan tim, kita juga sudah menjadwalkan tiga pertandingan uji coba di sana. Apalagi, kita sebelum berangkat sudah menghubungi mereka,” ungkap arsitek PON Aceh, Fakhri Husaini dalam pelepasan tim di Kantor KONI Aceh, Selasa (31/8/2021).

Menurut pelatih kelahiran Kota Lhokseumawe, Ridha Umami akan menjajal Nusa Tenggara Timur pada Minggu (5/9/2021). Setelah itu, Khairil Anwar cs menghadapi tuan rumah Jawa Timur, Rabu (8/9/2021) petang. Terakhir, Alvin Abdul Halim dkk bertemu klub Liga 3 Jawa Timur, Persida Sidoarjo pada Sabtu (11/9/2021).

“Sebenarnya, kita sudah menghubungi Persebaya Surabaya untuk uji coba pada 11 September. Bahkan, mereka sudah menyatakan siap untuk melawan kita. Namun, duel ini terpaksa dibatalkan karena jadwal Persebaya di Liga 1 2021 sudah dirilis. Sehingga, mereka harus fokus untuk partai perdana Liga 1,” ungkap mantan pelatih timnas Indonesia U-19.

Fakhri Husaini, sebelum menjalani Pelatda, Akhirul Wahdan dkk sudah melakoni 18 pertandingan uji coba. Dari jumlah itu, Tim PON Aceh menelan kekalahan saat melawan klub Liga 1, Persiraja, dan tim Liga 3 Sumatera Utara, YOBB Belawan dengan skor 2-1 saat tour di Kota Medan.

“Selain kalah, kita juga pernah imbang dengan Persiraja dan menuai kemenangan. Bahkan, anak-anak juga mampu menahan draw PSMS Medan dengan skor 1-1. Namun, terhadap hasil itu, saya sudah minta pemain untuk melupakannya. Kini, kita harus fokus untuk persaingan di PON Papua,” ungkap mantan bintang PKT Bontang, Kalimantan Timur tersebut.

Fakhri secara terbuka mengatakan, pemindahan lokasi Pelatda mengingat timnya tidak mungkin lagi melakukan uji coba dengan klub lokal di Aceh. Karena itu, sebelum berangkat menuju Papua maka diperlukan uji coba dengan tim lain, khususnya di Jawa Timur.

Tim sepakbola Tanah Rencong diharapkan dapat menorehkan prestasi terbaik di PON. Harapan itu disampaikan Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf melalui Wakil Ketua Umum III, Teuku Rayuan Sukma ketika melepas skuad PON Aceh menuju Papua.

Rayuan yakin, para pemain yang 98 persen alumni peraih emas Porwil Bengkulu 2018, yang selama ini telah dipoles mantan pelatih tim nasional (Timnas) U-16 dan 19, Fakhri Husaini akan mampu tampil menunjukkan permainan terbaik dan menoreh prestasi terbaik pula.

Ia mengatakan, para pemain sebelum menuju PON Papua, akan melanjutkan pemusatan latihan di Jawa Timur. "Kita harap selama di Surabaya, tidak ada pemain yang cidera. Dan manfaatkan waktu tersisa untuk mempersiapkan diri lebih lagi," ujarnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved