Breaking News:

Evakuasi

Amerika Berencana Kembali ke Afghanistan untuk Evakuasi Warganya, Begini Skenarionya

Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland mengatakan pemerintahan Joe Biden terlibat dalam "pekerjaan diplomatik intensif yang sedang berlangsung"

Editor: Ansari Hasyim
Antara
Wanita Afghanistan Melahirkan Bayi Perempuan dalam Pesawat Evakuasi Amerika Serikat 

SERAMBINEWS.COM - Amerika Serikat berencana akan kembali ke Afghanistan pasca penarikan pasukannya yang selama 20 tahun terakhir menduduki negara itu.

Kali ini Amerika bakal menyusun rencana dan mencari jalan agar warga negarannya yang masih tersisa di Afhanistan dapat keluar dievakuasi sepenuhnya dari Afghanistan.

Untuk tujuan itu Amerika telah menyusun skenario. Negara Adidaya itu bakal menempuh jalan darat untuk misi evakuasi kali gelombang kedua ini setelah penarikan pasukannya pada 30 Agustus lalu selesai dilakukan.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland mengatakan pemerintahan Joe Biden terlibat dalam "pekerjaan diplomatik intensif yang sedang berlangsung" untuk membantu warga AS dan sekutu Afghanistan yang ingin meninggalkan Afghanistan setelah Taliban mengambil alih negara itu.

“Kami mencari semua opsi yang mungkin, jalur udara, jalur darat untuk terus menemukan cara bagi mereka, untuk membantu evakuasi dan mendukung mereka dalam hal itu,” katanya dalam jumpa pers, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Rabu (1/9/2021).

Taliban Arak Peti Dibungkus Bendera Amerika Serikat, Perayaan Usai NATO Angkat Kaki dari Afghanistan

Pemerintah Amerika Serikat pemerintah adalah mengeluarkan 100 hingga 200 warga AS yang tersisa dari negara itu.

Nuland menolak untuk membagikan rincian tentang kemungkinan rute darat untuk meminimalkan potensi risiko bagi orang-orang yang mungkin harus mengambilnya.

Sementara itu, Nuland menyambut baik upaya Qatar dan Turki untuk membuka kembali bandara Kabul berkoordinasi dengan Taliban.

"Mereka memiliki proyeksi yang relatif optimis tentang kapan itu akan terjadi, tetapi kita perlu melihat itu terjadi dengan jelas," katanya kepada wartawan.

Sosok Mayor Jenderal Chris Donahue, Tentara Amerika Terakhir yang Angkat Kaki dari Afghanistan

Pada Rabu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ned Price juga mengatakan Washington sepenuhnya mendukung upaya untuk membuka kembali bandara di Kabul, yang akan memungkinkan warga AS meninggalkan Afghanistan dan memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved