Breaking News:

Berita Banda Aceh

Peringati Hardikda ke-62 tahun, Pergunu Aceh Beri Penghargaan kepada Dua Siswa MAN 

Kedua siswa memperoleh penghargaan dari Pergunu Aceh, karena berhasil meraih gelar Duta Moderasi beragama Nasional pada tahun 2021.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
Foto: IST
Dewan Pakar Pergunu Aceh Besar Tgk Suryadi memberikan penghargaan kepada Rifka Khairuna yang disaksikan oleh para pengurus Pergunu Banda Aceh dan Aceh Besar, kepala sekolah serta para guru dan siswa MAN 4 Aceh Besar lainnya, Kamis (2/9/2021). 

Kedua siswa memperoleh penghargaan dari Pergunu Aceh, karena berhasil meraih gelar Duta Moderasi beragama Nasional pada tahun 2021.

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-62 tahun, Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdhatul Ulama(PW Pergunu) Aceh beserta PC Pergunu Banda Aceh dan Aceh Besar memberikan penghargaan dalam bentuk sertifikat, kepada  dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Aceh, Kamis (2/9/2021).

Kedua siswa memperoleh penghargaan dari Pergunu Aceh, karena berhasil meraih gelar Duta Moderasi beragama Nasional pada tahun 2021.

Mereka adalah siswi MAN 4 Aceh Besar Rifka Khairuna dan siswa MAN 2 Banda Aceh Yahya.

Pemberian penghargaan kepada Rifka Khairuna, diberikan langsung oleh Tgk Suryadi Dewan Pakar Pergunu Aceh Besar dan disaksikan oleh para pengurus Pergunu Banda Aceh dan Aceh Besar, kepala sekolah serta para guru dan siswa MAN 4 Aceh Besar lainnya. 

Proses pemberian penghargaan itu ,berlangsung di lapangan Upacara MAN 4 Aceh Besar seusai upacara memperingati Hardikda pada Kamis (2/9/2021). 

Sementara pemberian pernghargaan pada Yahya siswa MAN 2 Banda Aceh, diberikan oleh Ketua PW Pergunu Aceh dan berlangsung di ruang kepala sekolah MAN 2 Banda Aceh. 

Baca juga: 125 Sekolah Pijay Serentak Gelar Hardikda ke-61, Protokol Kesehatan Tetap Ditegakkan

Untuk diketahui, bahwa kedua siswa yang berhasil menjadi Duta Moderasi beragama Nasional tahun 2021 dibimbing oleh guru sekolah mereka masing-masing yaitu, Ismail Darimi MAg guru MAN 4 Aceh Besar dan Syamsul Bahri MA guru MAN 2 Banda Aceh.

Ketua PW Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani MA yang dipercaya menjadi pembina upacara di MAN 4 Aceh Besar dalam amanatnya menekankan, tentang pentingnya pendidikan karakter di masa pandemi. 

Dalam kesempatan itu, Tgk Muslem mengatakan bahwa kondisi pembelajaran dimasa Covid-19 menjadi tidak efektif terutama dalam pembentukan karakter terhadap siswa, dan ini menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. 

"Namun demikian, semangat untuk menimba ilmu tidak boleh pudar walaupun dalam kondisi seperti ini, karena ilmu merupakan modal utama dalam meraih kebahagiaan hidup dunia dan akhirat," katanya.

Karena itu, tambah Tgk Muslem, siswa perlu terus diberikan motivasi agar mereka tidak lalai dalam belajar.

Tgk Muslem juga menambahkan, bahwa tugas guru tidak hanya mengajar, namun mendidik karakter terutama dalam hal menghargai orang tua dan guru.

"Karena penuntut ilmu tidak akan memperoleh keberkahan ilmu, tanpa menghargai pemilik ilmu sendiri yaitu guru," demikian Tgk Muslem yang saat ini sedang menyelesaikan tahap akhir program doktoral di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.(*)

Baca juga: Peringati Hardikda, Cabang Disdik Aceh Wilayah Aceh Selatan Gelar Donor Darah, Ini Jumlah Terkumpul

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved