Breaking News:

Berita Gayo Lues

Tingkatkan Pendapatan Petani Gayo Lues, Puslitbangtan Lakukan Bimtek Produksi Benih Padi

“Kita ketahui bersama, bahwa Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai varietas padi unggul spesifik agroekosistem yang dapat menjadi....

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
For. Serambinews.com
Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Priatna Sasmita bersama Kepala BPTP Aceh M Ferizal, anggota Komisi IV DPR RI, H Irmawan dan Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H Said Sani menghadiri acara bimtek terkait produksi benih padi sawah di Kabupaten Gayo Lues selama dua hari yaitu Rabu-Kamis (1-2/9/2021). 

“Kita ketahui bersama, bahwa Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai varietas padi unggul spesifik agroekosistem yang dapat menjadi pilihan petani Kabupaten Gayo Lues dalam melakukan budidaya padi," kata Priatna.

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERMABINEWS.COM, BANDA ACEH - Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) mengadakan bimbingan teknis (bimtek), terkait produksi benih padi sawah di Kabupaten Gayo Lues selama dua hari yaitu Rabu-Kamis (1-2/9/2021).

Dalam rilis yang dikirim ke Serambinews.com, Sabtu (4/3/2021) menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Padi di Provinsi Aceh.

Kegiatan yang mengedepankan penerapan protokol kesehatan itu, terselenggara berkat kerja sama Badan Litbang Pertanian dengan Komisi IV DPR RI. 

Adapun peserta kegiatan bimtek kali ini dihadiri oleh 200 orang yang merupakan petani padi, petani milenial, kelompok tani/gabungan kelompok tani, penyuluh pertanian, maupun stakeholders terkait.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr Priatna Sasmita MSi yang didampingi oleh Kepala BPTP Aceh Ir M Ferizal MSc.

Turut hadir membuka kegiatan tersebut, anggota Komisi IV DPR RI, H Irmawan SSos MM dan Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H Said Sani SPd.

Baca juga: Pinang, Komoditi Mudah Disukai Petani, Ini Dilakukan Distanbun untuk Kembangkan Tanaman Ini Se-Aceh

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Priatna Sasmita menyampaikan, bahwa kegiatan bimtek produksi benih padi pada lahan sawah kali ini memfokuskan pembahasan pada urgensi penyediaan benih varietas unggul padi spesifik agroekosistem.

“Kita ketahui bersama, bahwa Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai varietas padi unggul spesifik agroekosistem yang dapat menjadi pilihan petani Kabupaten Gayo Lues dalam melakukan budidaya padi," kata Priatna.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI,  Irmawan yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Badan Litbang Pertanian atas terselenggaranya kegiatan bimtek di Kabupaten Gayo Lues.

“Saya berharap, melalui kegiatan bimbingan teknis ini terdapat transfer knowledge bagi para petani, khususnya petani milenial di Kabupaten Gayo Lues. Sehingga dapat memajukan perekonomian di Kabupaten Gayo Lues," imbuhnya.

Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H Said Sani dalam sambutannya menyampaikan, sektor pertanian merupakan sektor andalan di Kabupaten Gayo Lues yang memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kabupaten setempat setiap tahunnya.

“Umumnya sawah yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini adalah sawah tadah hujan, dan biasanya juga para petani dalam mengolah sawah ini masih menggunakan teknologi tradisional," demikian Said Sani.(*)

Baca juga: Irigasi Tangkueng Sakti Masih Rusak, Petani Dihadapkan tak Bisa Tanam Padi 3.000 Hektare

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved