Breaking News:

Berita Aceh Utara

Pemkab Hibah Lahan 5 Ha untuk Lapas Lhoksukon, Wabup Aceh Utara Minta Kemenkumham Segera Dibangun

“Pemkab Aceh Utara sudah menyiapkan lahan lima hektare untuk pembangunan Lapas baru di belakang Polres Aceh Utara,” ujar Wabup Aceh Utara. 

Penulis: Jafaruddin | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf foto bersama seusai menyerahkan SK asimilasi kepada napi di Lapas Kelas IIB Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (5/9/2021). 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Wakil Bupati (Wabup) Aceh Utara, Fauzi Yusuf berharap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI dapat segera membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang baru di Aceh Utara

Karena tempat pembinaan yang ada saat ini yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lhoksukon di kawasan Kampung Baru, Desa Kuta Lhoksukon sudah over kapasitas. 

Bahkan, kondisi over kapasitas tersebut sudah berlangsung lama dan tidak bisa dikembangkan karena tak memiliki areal untuk diperluas. 

“Pemkab Aceh Utara sudah menyiapkan lahan lima hektare untuk pembangunan Lapas baru di belakang Polres Aceh Utara,” ujar Wabup Aceh Utara

Lahan tersebut berada di Desa Meunasah Reudeup, Kecamatan Lhoksukon dan sudah lama dibebaskan Pemkab Aceh Utara untuk Lapas

Bahkan, Pemkab Aceh Utara sudah menghibah tanah tersebut dan sudah mengurus sertifikat tanah itu atas nama Lapas Lhoksukon. 

Baca juga: 27 Napi yang Dapat Asimilasi Dikenakan Wajib Lapor, Setelah ke Luar dari Lapas Lhoksukon 

Baca juga: Geledah Kamar Napi, Petugas Lapas Lhoksukon Temukan Berbagai Barang Terlarang

Baca juga: Dapat Asimilasi Covid-19, Puluhan Napi Lapas Lhoksukon Jalani Hukuman di Rumah 

“Kita berharap, tahun depan Lapas yang baru tersebut sudah dapat dibangun, sehingga pembinaan dapat dilakukan maksimal di lokasi yang baru dan areal yang luas,” ujar Fauzi Yusuf. 

Menurut Fauzi, warga binaan yang akan kembali ke masyarakat nantinya sudah mendapat pembinaan yang maksimal, sehingga tidak mengulangi lagi perbuatan kriminal lagi.

Apalagi di Lapas Lhoksukon sudah dilaksanakan program pengajian rutin yang dilaksanakan Pemkab Aceh Utara lewat Dinas Pendidikan Dayah. 

“Pun akan dibangun Lapas yang lebih luas, tapi kita harapkan kepada napi yang sudah bebas dan bebas hati ini tidak masuk lagi,” pungkas Wabup Aceh Utara.(*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved