Breaking News:

Varian Baru Virus Corona

WHO Mulai Awasi Khusus Virus Corona Varian Mu, Virus Terbaru Ini Bahkan Mampu Melemahkan Obat

Berdasarkan sifat-sifat itu, varian Mu bisa menjadi penyebab penularan komunitas yang signifikan atau pembentukkan klaster Covid-19 baru...

Editor: Eddy Fitriadi
Ishara S. KODIKARA / AFP
ILUSTRASI Petugas kesehatan mengambil sampel swab seorang wanita untuk tes virus corona Covid-19 di Kolombo pada 30 Agustus 2021. Badan Kesehatan Dunia atau WHO resmi memasukkan satu lagi varian virus corona baru ke dalam pantauan khusus. Berbeda dari sebelumnya, varian yang diberi nama Mu ini kabarnya mampu melemahkan obat. 

SERAMBINEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia atau WHO resmi memasukkan satu lagi varian virus corona baru ke dalam pantauan khusus.

Berbeda dari sebelumnya, varian yang diberi nama Mu ini kabarnya mampu melemahkan obat.

WHO memasukkan varian baru virus corona dengan nama Mu per tanggal 31 Agustus 2021. Varian itu  diklasifikasikan sebagai variant of Interest.

Menurut WHO, Variant of Interest (VOI) merujuk pada varian virus SARS-CoV-2 yang secara genetik mampu memengaruhi karakter virus itu sendiri.

Beberapa karakter yang dapat berubah di antaranya adalah kemampuan penularan, tingkat keparahan penyakit yang disebabkan, pelepasan kekebalan, bahkan mampu menghindari diagnostik serta pengobatan.

Berdasarkan sifat-sifat itu, varian Mu bisa menjadi penyebab penularan komunitas yang signifikan atau pembentukkan klaster Covid-19 baru.

Sebelum Mu, WHO telah memasukkan empat varian lain ke dalam kelas VOI, di antaranya adalah Eta, Iota, Kappa, dan Lambda.

Catatan resmi WHO menunjukkan bahwa sebenarnya varian Mu telah diidentifikasi pada sampel pasien sejak bulan Januari 2021 di Colombia.

Secara umum, VOI ada di level yang lebih rendah dari Variant of Concern (VOC) yang mampu mempercepat penularan hingga meningkatkan risiko kematian. 

Beberapa varian yang termasuk ke dalam VOC adalah Alpha, Beta, Gamma, dan Delta. Sebelum masuk ke klasifikasi VOC pada 11 Mei 2021, varian Delta sempat digolongkan ke dalam VOI.

Berdasarkan fakta tersebut, ada kemungkinan varian yang tergolong dalam VOI bisa naik ke level VOC, termasuk Mu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan "Virus corona varian Mu mulai diawasi WHO, disebut mampu melemahkan obat"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved